Cara mengatasi tali pusat yang masih menggantung di rahim?

SW Info Penanya: SW, Wanita, 1 Tahun
permisi dok numpang tanya,Sy hbis keguguran tapi bayiny sudah kluar tapi tali pusarnya sbagian msih didlam sebab pas kluar talinya terpaksa sy potong kak krna udh lwt 18jam dan skrg talinya msih nyakut di vargina sy dok udh 3hri
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S.

Keguguran merupakan tindakan mengakhiri kehamilan baik dinginkan atau tidak diinginkan. Tindakan menggugurkan kandungan masuk dalam UU no. 36 tahun 2009 pasal 75 ayat 1, dengan pengecualian adanya indikasi kedaruratan medis dan kehamilan akibat perkosaan.

Ada beberapa cara menggugurkan kandungan, yaitu:

  • Menggunakan obat-obatan.
  • Menggunakan prosedur medis.

Tindakan yang Anda lakukan ini termasuk tindakan yang beresiko karena bisa menyebabkan infeksi dan perdarahan pada rahim. Jika bayi sudah keluar dengan sendirinya, sebaiknya harus segera dibawa ke bidan atau ke RS terdekat untuk mengeluarkan tali pusat dan plasenta yang masih menempel di rahim. Jika tidak dikeluarkan, akan menyebabkan timbulnya penyakit baru di dalam tubuh Anda.

Karena sisa tali pusat Anda ini sudah menggantung selama 3 hari, sebaiknya segera dibawa ke RS atau klinik bidan agar dikeluarkan oleh tenaga medis yang ahli lewat tindakan kuretase atau aspirasi vakum. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda kehamilan yang mirip dengan PMS biasanya adalah susah tidur

Mirip Tanda-Tanda PMS, Ini Tanda-Tanda Kehamilan yang Membedakan

Tanda-tanda kehamilan mirip dengan ciri-ciri PMS. Perubahan mood, nyeri payudara, dan kram perut juga dirasakan. Perbedaannya tidak ada flek atau spotting.