Kapan waktu yang tepat berhubungan setelah keguguran?

G Info Penanya: G, Pria, 24 Tahun
Selamat malam, Istri saya keguguran hamil 6 minggu dan pendarahan selama 10 hariYg saya tanyakan, Kapan bisa berhubungan kembali dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi G,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Keguguran bisa berdampak pada pukulan emosional dan juga keadaan fisik. Seperti perdarahan berat atau ringan selama beberapa hari pasca keguguran.

Pada beberapa perempuan, perdarahan disertai kram atau munculnya jerawat seperti pada saat menstruasi akibat perubahan hormon. Keguguran juga dapat sedikit mengguncang jiwa pasangan yang mengalaminya. Mereka akan lebih emosional dari biasanya karena rasa sedih dan kecewa.

Rata-rata perempuan secara fisik akan siap melakukan hubungan seksual kembali dalam waktu 2 minggu pasca keguguran, atau setelah masa menstruasi pertama. Jika berhubungan dilakukan terlalu awal berisiko untuk terjadinya infeksi.

Coba komunikasikan dengan pasangan kapan dia siap untuk berhubungan kembali lagi, jangan lupa untuk selalu memberi semangat dan membantu mengobati perasaan kehilangan, kesedihan atau rasa bersalah yang muncul agar hubungan Anda dan pasangan terjalin baik. Jika Anda ingin membutuhkan informasi lebih lanjut Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menggunakan mainan seks bisa menjadi salah satu tips seks penuh gairah

9 Tips Seks Populer dari Pakar yang Dapat Anda Coba

Gairah seksual Anda dan pasangan dapat dipertahankan dengan mengikuti tips seks populer menurut para pakar. Misalnya, Anda bisa menggunakan mainan seks dan atur suasana kamar tidur.