Cara mengatasi keguguran

NL Info Penanya: NL
Dok jadi gini orang yg sudah keguguran kira kira usia kehamilannya 8bulan dia keguguran, nah selang 5 bulan 24 hari tidak pernah berhubungan tetapi saat di cek urine positif knp ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, N.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Keguguran merupakan suatu keadaan hilangnya janin yang ditandai dengan perdarahan dari vagina, sakit perut atau kram, dan keluarnya cairan atu jaringan dari vagina. Penyebab dari keguguran adalah jika terjadi dalam tiga bulan awal kehamilan, maka penyebabnya karena kondisi janin yang belum maksimal. Jika terjadi setelah tiga bulan awal kehamilan, maka penyebabnya adalah karena kondisi si ibu. Jika keguguran terjadi sangat terlambat, maka disebabkan karena infeksi pada bayi akibat pecahnya air ketuban atau perdarahan. Wanita yang memiliki faktor resiko keguguran adalah wanita yang usianya lebih dari 35 tahun, memiliki riwayat keguguran sebelumnya, memiliki kondisi kronik seperti diabetes atau hipertensi, kebiasaan merokok, berat badan yang tidak ideal, dan masalah di rahim atau vagina.

Jika seseorang mengalami keguguran, maka dokter akan melakukan tindakan medis sesuai usia kandungan dan kondisi pasien dengan tujuan untuk mengeluarkan janin dan sisa-sisa jaringan pada rahim sehingga kondisi rahim kembali seperti normal dan siap untuk dibuahi. Tindakan medis tersebut terdiri dari tindakan operasi (aspirasi vakum, dilatasi dan evakuasi, dilatasi dan ekstraksi). Kondisi keguguran yang Anda alami ini, apakah sudah dilakukan tindakan medis atau belum saat keguguran pada waktu itu. Karena yang dikhawatirkan, Anda belum melakukan tindakan medis ke dokter untuk membersihkan sisa jaringan di dalam rahim Anda, sehingga saat Anda melakukan testpack hasilnya masih positif. Untuk memastikannya, saya sarankan untuk Anda ke dokter kandungan agar diperiksa langsung dan dilakukan pemeriksaan penunjang yaitu USG. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan yang tidak normal saat hamil muda bisa disebabkan oleh Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beragam Faktor Penyebab Keputihan saat Hamil Muda yang Perlu Diwaspadai

Normalnya, keputihan biasanya berwarna bening atau putih susu, encer, dan tidak berbau tajam. Namun jika keputihan berwarna kuning, hijau, atau abu-abu, berbau busuk, disertai rasa gatal dan bercak kemerahan, ini bisa menjadi pertanda adanya infeksi