Keguguran dan dilakukan kuret, kapan menstruasi kembali?

WN Info Penanya: WN, Wanita, 2019 Tahun
Aslm.dokter saya mau tanya saya di hari raya idul fitri tahun 2019 mengalami keguguran n dilakukan tindakan kurateyang ingin saya tanyakan kapan masa menturasi nya ya setelah pasca kutare soalnya smpai sekarang saya belum datang bulan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, WN

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kuretase bertujuan mengeluarkan jaringan kehamilan yang tersisa dalam rahim untuk mencegah infeksi dan perdarahan berlanjut. Selain keguguran bisa juga untuk mengatasi kondisi sisa plasenta setelah melahirkan, perdarahan akibat polip atau pemeriksaan rahim.

Setelah dikuret, rahim akan bersih dari sisa-sisa jaringan kehamilan dan menstruasi lama kelamaan akan kembali normal setelah adaptasi dari rahim anda. Rahim memerlukan waktu untuk membentuk kembali lapisan dindingnya agar bisa hamil kembali. Setelah rahim siap maka siklus ovulasi (haid) juga akan kembali. Bila anda khawatir bisa diskusi kembali dengan Dokter Spesialis Kandungan anda untuk evaluasi lebih lanjut apakah memerlukan pemeriksaan laboratorium atau USG. Saya lampirkan artikel tips agar hamil kembali setelah dikuret untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu efek setelah keguguran yang bisa dialami oleh pihak wanita adalah peningkatan rasa sedih yang dapat memicu depresi

Setelah Keguguran: Efek dan Cara Mengatasi Keguguran

Efek setelah keguguran tidak hanya meliputi fisik saja, tetapi juga mental. Setelah keguguran, orangtua bisa mengalami berbagai emosi negatif, seperti kemarahan, rasa duka, dan sebagainya. Cara mengatasi keguguran bisa dilakukan dengan menghadapinya sebagai pasangan dan mencari dukungan dari orang-orang sekitar.