keguguran 2 kali, faktr abortus dan pencegahannya

R Info Penanya: R, Wanita, 26 Tahun
Dokter saya ingin tanya.. Saya dalam taon ini mengalami keguguran 2x? Hamil pertama saya pada Februari 2019 dan pendarahan di kuret pada maret 2019 selanjutnya saya hamil lagi juli 2019 dan pendarahan lagi kuret pada Agustus 2019?? Apa kah jarak dari kuret dan hamil itu berbahaya?? Apa faktornya bisa terjadi abortus? Jika saya hamil lagi gimana mencegahnya terjadi seperti itu??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam R

Keguguran berulang atau abortus habitual terjadi akibat beberapa faktor seperti pertambahan usia dan jumlah kehamilan, obesitas, memiliki systemic lupus erythematosus (SLE), diabetes mellitus, tekanan darah tinggi, infeksi toxoplasma, penyakit tiroid, kelainan kongenital janin dan rahim. 

Tindakan kuretase memiliki resiko komplikasi seperti perforasi, adhesi atau perlengketan rahim yang biasanya akan langsung terlihat pasca tindakan. Tindakan kuretase sendiri tidak akan menjadi penyulit yang signifikan untuk hamil kembali, biasanya pasca penyembuhan dalam 2-4 minggu seseorang wanita bisa hamil kembali. Namun pada wanita yang mengalami keguguran hingga 2 kali atau berulang sebaiknya melakukan beberapa pemeriksaan lab kromosom, antibodi antiphospolipid dan USG. Jika terdapat penyakit atau masalah penyerta sebaiknya ditatalaksana dahulu  agar keguguran tidak kembali terjadi.

Sebelum merencanakan kehamilan lagi, sebaiknya anda berkonsultasi dahulu dengan dokter kandungan Sp.OG

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masturbasi saat hamil dapat menjadi alternatif lain dari bercinta bersama pasangan

Masturbasi saat Hamil, Memang Boleh?

Masturbasi saat hamil dapat menjadi alternatif lain dari bercinta bersama pasangan. Masturbasi bahkan disinyalir dapat mengurangi stres yang terjadi selama kehamilan. Namun, apakah ini benar-benar aman?