Kedutan apa berhubungan dengan gigi yang berlubang?

RK Info Penanya: RK
Apakahkedutandimataadahubunganyadgngigiberlubang
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RK,

Mata yang kedutan seringkali menandakan adanya kelelahan pada otot-otot sekitar mata, atau adanya gangguan pada persarafan sekitar mata. Tidak berhubungan langsung dengan kondisi gigi yang berlubang. Namun adanya nyeri gigi yang berat di mana terkadang ketika menahan rasa nyeri ada ketegangan pada otot wajah, maka bisa saja merangsang timbulnya kedutan.

Yang pasti perlu Anda lakukan adalah menambal gigi yang berlubang karena semakin lama dibiarkan maka lubang akan semakin dalam dan lebar. Dan bila nantinya lubang ini sudah sangat besar dan tidak memungkinkan untuk ditambal, maka dengan terpaksa gigi harus dicabut. Karena ketika gigi berlubang ini dibiarkan maka akan menjadi sumber bakteri, yang bisa menimbulkan nyeri sewaktu-waktu.

Untuk mengatasi kedutan yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Hindari paparan kipas angin atau AC langsung menghadap ke wajah.
  • Kompres area yang kedutan menggunakan air hangat.
  • Gunakan kacamata bila sebelumnya Anda memang mengalami mata rabun untuk menghindari kelelahan otot mata.
  • Hindari kebiasaan menatap HP atau komputer dalam waktu lama. Biasakan ikuti aturan 20-20-20 yakni setiap menatap HP selama 20 menit, maka istirahatkan mata dengan melihat benda yang letaknya jauh sekitar 20 kaki/ 6 meter selama 20 detik untuk mengistirahatkan mata.
  • Teteskan air mata buatan bila mata Anda terasa kering.

Bila keluhan kedutan tidak ada perbaikan, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter mata untuk memastikan kondisi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Retakan pada gigi dapat membuat lapisan gigi menjadi lebih sensitif terhadap suhu panas dan dingin

4 Penyebab Gigi Ngilu Selain Gigi Sensitif dan Gigi Berlubang

Gigi ngilu dapat menghambat aktivitas, terutama saat makan dan minum. Penyebab gigi ngilu, antara lain gigi retak, resesi gusi, abses gigi, dan radang gusi. Keempat gangguan gigi terebut dapat menyebabkan peradangan pada saraf yang memicu rasa ngilu di gigi.