07 May 2021, 20:18Saraf

Kedutan lengan kanan atas terus-menerus

SS
Info Penanya: SS0
Hai dokter, beberapa hari belakangan ini saya sering merasakan kedutan lengan kanan atas. Bagaimana cara mengobatinya ya dok? . apakah ini berbahaya dok? penyebabnya apa ya? Makasih dok.
7688 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi SS,Kedutan, atau dalam dunia medis dikenal dengan istilah myokymia, adalah kontraksi otot yang terjadi spontan (tanpa disadari dan tidak dapat dikendalikan) pada bagian otot tertentu. Kedutan dapat terjadi di otot mana saja, termasuk di lengan atas, seperti yang Anda alami saat ini. Pada umumnya, kedutan cenderung tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya dalam hitungan jam.

Penyebab kedutan lengan atas adalah:

  • pasca melakukan aktivitas fisik atau olahraga yang melelahkan
  • kondisi dehidrasi, sehingga keseimbangan ion tubuh terganggu
  • konsumsi teh, kopi, atau minuman berkafein lainnya terlalu banyak
  • defisiensi nutrisi, terutama vitamin B6, B12, dan magnesium
  • faktor psikologis; misalnya sedang khawatir atau stres
Cara mengobati kedutan harus disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Misalnya, apabila disebabkan oleh kelelahan fisik, maka sebaiknya Anda lebih banyak beristirahat dan membatasi dulu aktivitas fisik. Apabila sebabnya dehidrasi, maka cobalah konsumsi air putih yang cukup, yaitu 1.5-2.5 liter per hari tergantung usia dan berat badan. Begitu juga dengan penyebab lain, penanganannya harus disesuaikan.Jadi, coba pantau dulu kondisi Anda ini, ya. Apabila kedutan tidak hilang setelah beberapa hari atau bahkan minggu, atau otot menjadi tegang dan mengganggu aktivitas sehari-hari; segera periksakan diri Anda kepada dokter spesialis saraf. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk memastikan penyebab kedutan Anda, kemudian memberikan penanganan yang tepat dan sesuai. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kram ototmasalah ototkedutan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil