Kecerdasan menurun, lambat berpikir setelah kecelakaan pada bagian kepala

AN Info Penanya: AN, Wanita, 19 Tahun
Dok saya dulu adalah perempuan yang cerdas saya pernah mengikuti olimpiade sains dan pertandingan catur . Semasa SMP saya mengalami kecelakaan dan membuat bagian kepala saya retak dan mengalami pendarahan di mata dan kecerdasan saya sangat menurun saya lambat dalam berpikir dan cepat lupa . Apakah ini akan menurun ke anak saya besok dok ? Dan bagaimana cara nya agar fungsi otak saya kembali seperti dulu lagi Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, AN

Penurunan kecerdasan dan daya pikir pasca kecelakaan disebut cognitive impairment post traumatic brain injury, hal ini terjadi akibat jejas trauma yang merusak sel saraf pada otak, bentuk kerusakan dapat sementara atau total. 

Untuk memperbaiki daya ingat dan menghambat progresifitas penurunan fungsi kognitif anda saya sarankan untuk istirahat, lakukan aktifitas seperti olahraga, berpikir positif, jangan stress, hindari rokok dan alkohol.

Anda juga haru sering mengkonsumsi buah dan ssyuran, beberapa vitamin juga diperlukan seperti vitami E, vit B6,B12 dan asam folat. Beberapa agen obat neuroprotektif seperti citicolin juga dapat di konsumsi untuk memperbaiki fungsi otak anda.

Untuk masalah penurun kecerdasan anda yang akibat masalah trauma kepala, hal ini tidak akan menurun pada anak.

Namun kondisi genetik kecerdasan orang tua dapat mempengaruhi gen anaknya dan daya tangkap anak. Untuk anak anda, dapat di stimulasi dengan pemberian multivitamin, tingkatkan daya belajar anak anda, berikan makanan bergizi seimbang, berikan kesempatan belajar dan bermain yang seimbang dan jaga hubungan yang baik dengan anak. 

Salam sehat 

dr. Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dikabarkan, Michael Schumacher telah siuman di sebuah rumah sakit di Paris, Prancis.

Penyebab Michael Schumacher Bisa Koma Selama 6 Tahun

Masyarakat dunia dikejutkan dengan kabar bangunnya Michael Schumacher setelah koma 6 tahun. Sebenarnya, apa yang menyebabkan sang mantan pebalap F1 itu “tertidur pulas” sampai bertahun-tahun lamanya?