Kenapa kecemasan sering muncul?

EM Info Penanya: EM
Kenapa saya sering merasakan kecemasan yang berlebihan dok? ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang EM,

Kecemasan adalah suatu kondisi psikis dimana merasa khawatir berlebih akan suatu hal yang belum terjadi atau belum tampak dimana bisa timbul tanpa alasan yang jelas. Rasa cemas sendiri adalah hal yang wajar terjadi tetapi jika timbul kecemasan yang berlebihan dapat mengganggu pikiran dan kegiatan sehari-hari bisa menjadi sebuah gangguan kecemasan.

Penyebab kecemasan sendiri beragam yaitu:

Bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan genetik, faktor lingkungan, aktivitas sehari-hari, interaksi sosial sehari-hari dan juga yang utama dari faktor diri seperti hormonal atau aktivitas otak. Untuk itu perlu diperhatikan hal apa yang menjadi pemicunya.

Untuk mengelola rasa cemas, dapat dilakukan beberapa cara seperti menceritakan kecemasan pada orang lain atau orang yang dipercaya, melakukan relaksasi, melatih pernapasan seperti bermeditasi atau yoga, berolahraga, dan juga perlu berkonsultasi pada profesional jika dirasa rasa cemas berlebihan atau sampai mengganggu.

Anda bisa berkonsultasi pada psikolog dan dokter spesialis jiwa atau psikiater agar dilakukan konseling, psikoterapi ataupun pengobatan jika diperlukan untuk bisa mengatasi rasa cemas tersebut. Jangan ragu atau takut untuk meminta bantuan orang terdekat terutama jika rasa cemas sedang timbul sehingga bisa membantu untuk meredakannya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi ketakutan bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan profesional.

Ketakutan Berlebihan? Tenangkan Diri dan Ketahui Cara Mengatasinya

Cara mengatasi ketakutan bisa dengan menenangkan diri, mengidentifikasi penyebabnya, mengganti pola pikir, selalu bersyukur, dan berbicara dengan orang sekitar.