Bagaimana bila terlanjur makan makanan kadaluarsa?

DK Info Penanya: DK, Pria, 22 Tahun
Dok saya baru 1 hari kemarin makan tahu isi kadaluarsa, dan malam besok nya saya mengalami diare yang hebat 4^ kali lebih, dan sudah mereda malam ini, tapi malam ini saya agak malas pergi ke dokter karena sudah kelihatan agak mereda, apakah saya sehat?, dan adakah anjuran dari dokter seperti membuat jus kunir atau jangan makan sambal, es atau yang lainnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DK,

Diare adalah kondisi dimana BAB dengan konsistensi kotoran cair dan berlangsung lebih dari 2 kali, hal ini bisa disebabkan oleh keracunan makanan (makanan basi atau sudah kadaluarsa), intoleransi susu, infeksi bakteri, virus, atau parasit.

Penanganan diare sendiri tergantung dari penyebabnya, namun yang utama perlu dilakukan adalah mencegah kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan dengan cara :

  1. Perbanyak minum air putih, pastikan minum segelas air setiap selesai BAB.
  2. Minum oralit atau makan makanan berkuah seperti bakso, sop.
  3. Hindari makanan pedas, asam, bersantan.
  4. Makan makanan yang mudah dicerna misal bubur atau nasi tim.

Bila penyebab diare Anda akibat makanan yang kadaluarsa, maka dalam 2 hari biasanya akan pulih dengan sendirinya. Namun bila badan Anda masih lemas, atau muncul demam, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh DK
21 Jan 2020, 19:35
Dok apakah saya sehat?
Dibalas oleh DK
21 Jan 2020, 19:41
Tahu isinya 2 buah
Dibalas oleh DK
21 Jan 2020, 20:03
Tahu isinya sebanyak 2 buah
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Haus adalah salah satu cara untuk mengetahui kebutuhan cairan Anda

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Cairan?

Meskipun umumnya Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi kurang lebih delapan gelas air. Namun, cara menghitung kebutuhan cairan tubuh tiap orang sebenarnya berbeda-beda dan tergantung dari berbagai faktor, seperti iklim dan seberapa sering Anda berolahraga.