12 Feb 2021, 12:45Kulit & Kelamin

Bagaimana mengatasi minyak dan keringat di wajah?

FN
Info Penanya: FN0
Dok saya mau nanya kalau bangun pagi itu muka saya berminyak,tapi sebenarnya mau ke saya itu kering dok cuman habis bangun tidur aja muka saya tuh kelihatan berminyak gitu. Jadi gimana ya Dok cara mengatasi muka berminyak saat bangun tidur?? terus sering banget keringetan tapi cuma di bagian hidung aja sedangkan bagian kulit yang lainnya tuh kulit saya kering banget?? Gimana cara mengatasinya dok??
87 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, FNTerima kasih atas pertanyaannya.Pada semua jenis kulit, umumnya memiliki sistem otomatis yang memproduksi minyak atau sering disebut sebagai sebum yang berfungsi menjaga kulit dari kekeringan dan infeksi bakteri.  Ketika produksi sebum berlebih inilah yang menyebabkan penyumbatan pada folikel dan menimbulkan jerawat.  Saat tidur, sebum bisa terproduksi lebih banyak dan hal ini juga akan dipengaruhi pula dengan faktor stres, kondisi kamar yang lembab, faktor hormonal, serta asupan makanan. Terkait yang anda tanyakan, keringat adalah hal yang normal terjadi apalagi jika beraktivitas, berada dibawah terik matahari serta olahraga.  Ketika ada bagian wajah yang lebih dominan berkeringat, bisa jadi karena produksi minyak di bagian tersebut juga meningkat sehingga lebih mudah berkeringat. 

Beberapa cara untuk mengatasi wajah berminyak saat bangun tidur serta keringat berlebih :

  • Bersihkan muka cukup 2 kali sekali dengan menggunakan produk pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung bahan yang kasar dan keras.
  • Lanjutkan dengan toner non-alkohol setelah membersihkan muka dan perawatan lainnya sesuai kondisi wajah.
  • Pastikan kondisi kamar sejuk, tidak dingin dan tidak terlalu panas, karena akan memicu keringat yang berpotensi meningkatkan produksi minyak.
  • Pastikan asupan air putih setidaknya 2 liter dalam sehari.
Bila cara tersebut tidak membantu keluhan anda teratasi, sebaiknya periksa ke dokter spesialis kulit untuk mengetahui jenis kulit dan perawatan yang sesuai. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kulit berminyakkeringatperawatan wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil