18 Jun 2020, 19:05Mata

Kebutaan akibat penyakit diabetes, apa bisa dioprasi dan melihat kembali ?

AB
Info Penanya: AB0
selamat malam...saya mau tanya dok. ibu saya sudah setahun mengalami kebutaan akibat penyakit diabetes sejak 2th yg lalu.apakah mata ibu saya bisa di operasi dan bisa melihat kembali lg atau tidak dok. terima kasih
5177 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat sore, AB.Kebutaan akibat penyakit diabetes merupakan salah satu komplikasi lanjut pada mata yang cukup sering terjadi. Terdapat beberapa komplikasi penyakit mata yang dapat terjadi pada penderita diabetes dan mengakibatkan kebutaan yang sementara maupun permanen.

Beberapa diantaranya ialah :

Salah satu kondisi kerusakan mata tersering sebagai komplikasi penyakit diabetes yang pada akhirnya dapat menyebabkan kebutaan adalah retinopati diabetikKeadaan retinopati diabetik terjadi karena kerusakan pembuluh darah mata yang bertugas memberikan pasokan darah pada organ retina mata akibat kadar gula yang tidak terkontrol (hiperglikemi) pada penderita diabetes. Retinopati diabetes memiliki dua tipe dan pada fase awal, tipe retinopati diabetes yang ringan dapat tidak memberikan gejala sehingga kerusakan tidak disadari sampai akhirnya terjadi komplikasi yang paling serius yakni kebutaan.Mengenai pertanyaan Anda, menurut penelitian, sebagian besar kebutaan akibat komplikasi retinopati diabetik tidak dapat dikoreksi atau perbaiki karena kerusakannya bersifat permanen. Namun demikian, untuk memastikannya, ada baiknya Anda memeriksakan kembali keadaan mata Ibu Anda pada dokter Spesialis Mata untuk mendapatkan diagnosis yang tepad dan saran penanganan yang sesuai.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.
 
Salam sehat,
 
dr. Rahmita Dewi
komplikasi diabetesretinopati diabetikgangguan mata
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil