Kebotakan parah di usia 22 tahun, apakah penyebabnya?

TU Info Penanya: TU, Pria, 2019 Tahun
Dok, saya pria umur 22 tahun. Tapi kenapa rambut saya mulai terjadi kebotakan parah di bagian depan disertai rambut rontok parah.kepala saya juga sering pusing dan sakit. Keluarga saya tidak ada genetik botak. Apa saya perlu periksa ke dokter? Dan apakah rambut saya bisa kembali seperti semula dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, TU

Rambut rontok bisa hanya mempengaruhi kulit kepala atau bisa juga di seluruh tubuh. Faktor yang menyebabkan rambut rontok adalah keturunan, perubahan hormon, kondisi medis tertentu atau obat-obatan. Siapapun dapat mengalami kerontokan rambut tetapi lebih sering terjadi pada pria.

Kebotakan akibat rambut rontok berlebihan seiring bertambahnya usia adalah yang paling sering terjadi. Ada beberapa klinik yang khusus menangani rambut rontok dan kebotakan. Bisa dalam bentuk suplemen dan salep. Bila belum teratasi, bisa dilakukan transplant rambut. Layanan tersebut sudah tersedia di kota-kota besar di Indonesia.

Tapi sebaiknya anda diskusi dulu dengan dokter untuk memastikan penyebab rambut rontok dan pilihan perawatan untuk anda. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawat di kulit kepala muncul ketika Anda tidak membilas rambut hingga bersih sehingga masih ada sisa sampo yang tertinggal dan menyumbat pori-pori

Jerawat di Kulit Kepala? Ternyata Ini Pemicunya

Sama seperti jerawat di wajah, jerawat di kulit kepala terjadi karena ada penyumbatan pori-pori folikel rambut. Gunakan sampo antibakteri untuk membantu membasmi jerawat yang muncul di kulit kepala.