Kebotakan parah di usia 22 tahun, apakah penyebabnya?

TU Info Penanya: TU, Pria, 2019 Tahun
Dok, saya pria umur 22 tahun. Tapi kenapa rambut saya mulai terjadi kebotakan parah di bagian depan disertai rambut rontok parah.kepala saya juga sering pusing dan sakit. Keluarga saya tidak ada genetik botak. Apa saya perlu periksa ke dokter? Dan apakah rambut saya bisa kembali seperti semula dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, TU

Rambut rontok bisa hanya mempengaruhi kulit kepala atau bisa juga di seluruh tubuh. Faktor yang menyebabkan rambut rontok adalah keturunan, perubahan hormon, kondisi medis tertentu atau obat-obatan. Siapapun dapat mengalami kerontokan rambut tetapi lebih sering terjadi pada pria.

Kebotakan akibat rambut rontok berlebihan seiring bertambahnya usia adalah yang paling sering terjadi. Ada beberapa klinik yang khusus menangani rambut rontok dan kebotakan. Bisa dalam bentuk suplemen dan salep. Bila belum teratasi, bisa dilakukan transplant rambut. Layanan tersebut sudah tersedia di kota-kota besar di Indonesia.

Tapi sebaiknya anda diskusi dulu dengan dokter untuk memastikan penyebab rambut rontok dan pilihan perawatan untuk anda. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perawatan yang tepat dapat membantu mengurangi rambut rontok dan kebotakan

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Terapi Obat dan Laser

Rambut rontok dan kebotakan pada wanita dapat menyebabkan kurangnya rasa percaya diri dan mengganggu penampilan. Perawatan yang tepat dapat membantu mengurangi rambut rontok dan kebotakan seperti minoxidil cair, pil spironolactone, suntikan kortikosteroid, anthralin topikal, terapi plasma kaya platelet, sampoo ketokonazol, terapi caha dan laser.