Kebiasaan Berbicara Sendiri

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 22 Tahun
Halo dok saya mau tanya, saya suka banget ngomong sendiri dok. Saya suka ngomongin apa yang ada di pikiran saya (sadar ataupun tidak), saya suka negur diri saya sendiri tapi diomongin, atau kalo saya lagi mikir tugas atau ide saya suka bahas gitu sama diri saya tapi diomongin, dan suka cerita sama diri saya sendiri. Tapi temen saya ada yang nyuruh saya cek ke psikolog, karena kebiasaan saya. Menurut pandangan dokter bagaimana, apa saya punya gangguan jiwa dok? Terimakasih dok sebelumnya, salam.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam SP,

Adanya keluhan sering berbicara sendiri, mengalami halusinasi baik visual atau melihat hal yang sebenarnya tidak nyata, halusinasi audotorik atau mendengar suara atau bisikan, merasa ada yang membicarakan atau merasa terancam bisa merupakan adanya gangguan psikologis yang dialami.

Munculnya gangguan psikologis sendiri ada beragam jeninsnya dan bisa beragam faktor pemicunya, diantaranya adalah:

  • Faktor genetik
  • Gangguan hormonal otak
  • Tekanan mental 
  • Kondisi sosial, ekonomi, permasalahan pekerjaan dan lainnya
  • Riwayat trauma akan kejadian tertentu

Untuk itu apabila merasa ada perilaku yang dianggap kurang sesuai dan ditegur oleh orang lain, bisa coba periksakan diri dan berkonsultasi pada dokter spesialis kedokteran jiwa atau psikiater. Nantinya akan bisa dilakukan konseling, psikoterapi ataupun jika diperlukan pengobatan.

Upayakan bisa mengatasi apa yang terjadi, bisa coba alihkan pada pikiran yang positif, bisa coba berbagi cerita pada orang yang dipercaya, olahraga rutin untuk menyegarkan pikiran. Lawan pikiran yang kurang sesuai dan segera memeriksakan diri agar bisa dipastikan kondisi psikologis yang dialami. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

5 tips untuk menahan emosi agar kondisi mental lebih sehat

Sebelum Marah, Terapkan 5 Cara Menahan Emosi Ini

Meski terkesan negatif, kemarahan sebenarnya adalah bentuk emosi yang sehat. Namun menjadi tidak baik ketika kemarahan sudah mengintervensi cara seseorang mengambil keputusan hingga merusak hubungan dengan orang lain. Cara menahan emosi bagi tiap orang berbeda, bisa dengan terapi pernapasan hingga mencari pengalihan atau distraksi.