22 Sep 2021, 18:04Kulit & Kelamin

bokong tidak dibersihkan setelah kena tembok apakah bahaya?

PS
Info Penanya: PS0
Saya sehabis mandi, bokong saya terkena permukaan tembok, tdk saya bersihkan lg, hanya membiarkan langsung memakai pakaian saja. Apakah berbahaya bokong terkena permukaan tembok?
91 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo P,Bokong terkena permukaan tembok tidak akan berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu merasa khawatir berlebihan terhadap hal ini, cenderung menimbulkan pertanyaan apakah Anda sedang mengalami gejala cemas menyeluruh atau obsesi kompulsi terhadap kebersihan yang merupakan salah satu gangguan mental.

Memeriksakan kesehatan mental

Cemas atau khawatir terhadap sesuatu adalah hal yang wajar, namun jika yang Anda khawatirkan adalah hal-hal yang tidak pernah menjadi kekawatiran orang lain pada umumnya, maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih dalam tentang kondisi kesehatan mental Anda.Menjaga kebersihan area bokong dan organ intim memang penting, namun jika tidak ada gejala apapun yang Anda rasakan artinya tidak ada yang perlu Anda cemaskan. Kecuali jika setelah tindakan tersebut bokong Anda menjadi lecet, bernanah, atau menjadi bengkak yang merupakan tanda iritasi dan radang. Atau ada kondisi khusus misalnya bokong Anda sedang berbisul sehingga terkena tembok dikawatirkan menyebabkan bisul pecah.Pada pertanyaan sebelumnya Anda sudah sempat menanyakan mengenai menjaga kebersihan bokong, jika memang kawatir berlebihan terhadap bahaya yang mungkin terjadi pada bokong Anda, silahkan baca jawaban forum sebelumnya dan ikuti tata cara membersihkan bokong sesuai yang diinstruksikan dokter ya. Selanjutnya, jika hal ini membuat Anda tidak tenang, lakukan konsultasi lebih lanjut kepada psikolog atau psikiater untuk mengatasi kecemasan tersebut.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kesehatan mentalgangguan kecemasangangguan kecemasan umum
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil