14 Jan 2021, 13:22Kandungan

Bagaimana cara kerja postinor?

AH
Info Penanya: AH, Wanita, 22 Tahun
Selamat siang dok, saya wanita 22 tahun, 5 hari lalu saya berhubungan dengan pasangan dan ia merasa sedikit terlambat mencabut sehingga ada kemungkinan keluar sedikit di dalam, lalu saya minum postinor kurang lebih 11 jam setelah berhubungan, perlu diketahui HPHT 3 bln terakhir: 30 okt, 25 nov, 3 januari memang siklus saya tidak teratur. Sampai saat ini saya belum merasakan efek postinor seperti spotting atau pendarahan. Apakah postinor tsb efektif krn tidak tau jg kpn masa subur ? Terima kasih.
1127 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat malam AH,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Postinor merupakan salah satu jenis kontrasepsi darurat yang diminum secara oral. Obat ini mengandung kandungan levonorgestel yang berfungsi untuk mengahmbat pelepasan sel telur, selain itu juga mengentalkan lendir serviks sehingga membuat sperma sulit untuk menembusnya.Aturan minum postinor 2 tablet dengan konsumsi obat dosis pertama diminum sebelum 72 jam dan dosis kedua setelah 12 jam tablet pertama. Sehingga pada kasus Anda jika Anda minum dosis pertama dalam waktu 11 jam tentu saja obat tersebut masih efektif.Pil ini dapat diminum apabila Anda mengalami kondom yang bocor saat berhubungan, lupa saat minum pil KB atau suntik KB, dan hal yang lainnya. Obat ini tidak boleh dikonsumsi untuk sehari-hari.

Beberapa efek samping yang mungkin timbul :

  • Perdarahan yang terjadi 2-3 hari setelah penggunaan
  • Kencang atau tegang didaerah payudara
  • Sakit kepala
  • Mual dan muntah
Jika menggunakan obat ini muncul tanda alergi seperti kulit kemerahan, gatal-gatal bengkak di wajah, bibir dan tenggorokan, bahkan kesulitan bernafas. Sebaiknya segera periksakan ke IGD atau dokter terdekat.Mengingat postinor ini termasuk golongan obat keras, sebaiknya lakukanlah konsultasi ke dokter spesialis kandungan melalui online chat, ataupun Anda bisa melakukan pemeriksaan dan konsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kandungan terdekat dari lokasi AndaSemoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
menjaga kehamilankehamilankeguguran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil