29 Jun 2021, 20:29Kandungan

Telat KB suntik 1 bulan, apakah mungkin kebobolan dan hamil ?

KK
Info Penanya: KK, Wanita, 26 Tahun
Dok, saya kan suntik KB 1 bulan di tnggal 28 hrus suntik tpi saya lupa jadi saya pigi di tnggal 29 dok Tpi ditnggal 28 itu saya ada berhubungan Apa kah akan hmil dok?? Tpi ditnggal 29 itu saya tdk ada berhubungan askli dok Mohon pencerahan nya dok Terima kasih
125 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, K.Tidak semua pasangan setelah menikah ingin langsung memiliki anak atau pasangan yang menikah telah memiliki beberapa anak, bisa pula pasangan yang belum menikah tetapi berhubungan seksual dan tidak ingin memiliki anak, sehingga menggunakan KB suntik dalam mencegah kehamilan.

Apakah telat KB suntik 1 bulan lalu berhubungan bisa hamil ?

KB suntik 1 bulan yang Anda pilih berkerja mencegah kehamilan dengan menghambat pelepasan dari sel telur, mempersulit pergerakan sperma karena cairan lendir di dalam vagina menjadi lebih kental, menipiskan dinding rahim sebagai persiapan implantasi janin.Hormon ini akan berkerja selama kurang lebih 1 bulan. Pengaruh hormon dapat terjadi selama berbulan-bulan walau wanita sudah lepas suntik KB, tetapi pada sebagian wanita bisa langsung hamil kembali.Perihal Anda yang telat suntik KB 1 bulan selama 1 hari, yang mana harusnya Anda suntik KB 1 bulan pada tanggal 28 tetapi di tanggal yang sama Anda melakukan hubungan seksual dan baru kembali suntik pada tangga 29, tidak menutup kemungkinan kehamilan dapat terjadi.Untuk itu, jika pada siklus haid selanjutnya Anda tidak datang bulan, maka ada 2 kemungkinan, kehamilan atau gangguan siklus karena pengaruh KB. Lakukan test pack berkala dengan jarak 1 minggu untuk memeriksa kehamilan dan konsul ke dokter kandungan jika tetap tidak haid.Pastikan Anda tidak terlewat suntik KB selanjutnya ya.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil