KB suntik dan keluar flek apa normal?

WM Info Penanya: WM
Dok saya mau tanya..Tgl 15mrt sya lhran,lalu smp awal mei sy msh mnglami masa nifas,tgl 1mei sy cek k dr,& hslnya ada sdkit sisa placenta d dlm rahim, lalu sya tdk d sarankan u/ tndkan kuret tp saya d kasih obat untk mnghntikan pndrhan, lalu 1mnngu kmdian sya d suruh cek lg dan msh ada sisa, dan dktr mnyrankan saya untk mnunggu haid prtma jika ingin melakukan program kb, lalu tgl 25mei sy haid tp tdk kb, tgl 25jni sya haid dan kb sntik 1bln, tp skrg sya kluar flek coklat trs itu knp ya dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi WM,

Masa nifas adalah masa-masa di mana tubuh melakukan penyesuaian setelah melahirkan, sehingga selama masa ini tubuh akan mengeluarkan darah dan lendir serta fase di mana berat badan mulai mengalami penurunan. Idealnya masa nifas ini berlangsung selama 40 hari, namun bila ada suatu masalah, maka bisa melebihi waktu 40 hari.

Perihal munculnya flek cokelat setelah suntik KB bisa saja merupakan efek samping KB. Karena hormon yang ada di dalam KB suntik seringkali menyebabkan perubahan siklus haid, dan dibutuhkan waktu beberapa bulan agar siklus haid bisa kembali normal. Namun terkadang efek samping ini bisa menetap hingga tidak haid sama sekali. Tapi perlu diketahui bahwa munculnya flek juga bisa akibat kelelahan, perubahan berat badan yang drastis (misal Anda melakukan diet ketat), atau adanya faktor stres. Stres sering tidak disadari dapat mengganggu siklus haid.

Yang perlu Anda lakukan agar siklus haid lancar adalah:

  • Banyak makan sayur dan buah.
  • Minum air putih yang banyak.
  • Lakukan olahraga secara rutin, misal 30 menit setiap hari. Bila berat badan Anda masih berlebih maka bisa diperlama olahraganya, namun hindari kelelahan.
  • Tidur yang teratur dan jangan bergadang.
  • Hindari stres dan lakukan kegiatan baru yang menyenangkan. Karena selain mengganggu siklus haid, stres juga menurunkan daya tahan tubuh.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila dalam waktu 3 bulan siklus haid Anda masih tidak teratur.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu manfaat pil KB adalah mengatasi gangguan siklus haid

9 Manfaat Pil KB Selain Mencegah Kehamilan

Manfaat pil KB yang utama adalah untuk mencegah kehamilan. Namun alat kontrasepsi ini ternyata bisa digunakan untuk mengatasi kondisi kesehatan lain. Misalnya, gangguan siklus haid, gejala PMS, migrain, dan banyak lagi.