13 Feb 2021, 16:35Kandungan

Apakan tidak haid setelah suntik KB berbahaya ?

ZA
Info Penanya: ZA0
Apkh TDK haid selama KB suntik TDK masalah
323 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, Z.Salah satu efek yang dirasakan seorang wanita setelah suntik KB terutama suntik KB setiap 3 bulan adalah menstruasi yang tidak teratur atau tidak haid sama sekali. Hal ini adalah normal terjadi karena kandungan hormon KB suntik 3 bulan hanya berupa hormon progesteron saja.

Apakan tidak haid setelah suntik KB berbahaya ?

Tidak haid yang Anda alami setelah suntik KB 3 bulan karena hormon progesteron yang terdapat di dalamnya menyebabkan ovulasi menjadi terhambat, lendir di organ reproduksi wanita menjadi lebih kental, dinding rahim menipis, sehingga pembuahan tidak dapat terjadi, begitu pula dengan menstruasi. Tidak menstruasi pada wanita bukanlah hal yang berbahaya. Namun tidak menstruasi menyebabkan wanita sulit untuk menentukan kapan masa subur dirinya berlangsung, sehingga saat akan merencanakan kehamilan, menjadi lebih sulit.

Bagaimana cara mengatasi tidak haid setelah suntik KB ?

Suntik KB yang mengandung hormon sehingga mengganggu siklus menstruasi sebaiknya diganti menjadi alat kontrasepsi yang tidak mengandung hormon, atau suntik KB 1 bulan dan pil KB kombinasi dimana haid masih tetap berlangsung dengan lancar.Anda dapat konsultasi bersama pasangan Anda di dokter spesialis kandungan untuk memilih alat kontrasepsi yang tepat untuk Anda. Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat dengan membiasakan diri berolahraga, makan yang sehat, hindari rokok dan paparannya.Semoga bermanfaat,Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
merencanakan kehamilankontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil