10 Feb 2021, 22:36Kandungan

Runtin suntik KB apa bisa hamil?

IK
Info Penanya: IK0
Dok,saya ibu menyusui dan saya kb suntik yang 3 bulan,sekarang anak saya umurnya sdh 19 bulan,tapi saya tidak pernah datang bulan. Dan saya tiba2 kemaren kayak ngeflek gitu,kira2 apakah itu tanda masa subur dan bisa hamil ya dok? Saya tidak pernah terlambat suntik kb nya dok?
580 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi IK,Suntik KB 3 bulan memang lebih dikhususkan bagi wanita yang ingin mencegah kehamilan dan dalam kondisi sedang menyusui. Karena penggunaan KB 3 bulan ini tidak akan mempengaruhi produksi ASI Anda. Salah satu efek samping KB dapat berupa gangguan siklus haid berupa haid tidak lancar atau malah tidak haid samasekali. Dan reaksi ini berbeda-beda antara wanita yang satu dengan wanita yang lain.

Perihal kondisi Anda yang biasanya selama ini tidak haid dan mendadak muncul flek bisa saja disebabkan oleh:

  • Kelelahan.
  • Servisitis atau peradangan pada serviks.
  • Sedang banyak pikiran.
  • Polip serviks, dll.
Saat masa subur wanita akan mengeluarkan keputihan yang bening dan encer yang berfungsi sebagai pelumas saat berhubungan seksual, sehingga keluarnya flek bukanlah tanda masa subur. Namun meski Anda rutin menggunakan suntik KB tetap ada kemungkinan sekitar 1% untuk terjadi kehamilan. Bila Anda ragu atau mengalami tanda-tanda hamil maka Anda bisa melakukan tes pack untuk memastikannya.Sementara itu jalankan pola hidup sehat, banyak makan sayur, tidur secara teratur dan rutin olahraga serta tidak stres. Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila Anda masih ragu.Salam sehat,dr. Vina
siklus haidpenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil