24 Dec 2020, 20:15Kandungan

Mengapa sudah melepas suntik KB haid masih tidak lancar ?

MB
Info Penanya: MB0
Selamat mlm dok sy biasanya suntik kb,tpi ini udah 6 bulan ndak suntik karna kepingin haid lancar,tpi selama 6 bln sy berhenti suntik tetep haid ngk bisa lancar,dan sekarang sy suntik lagi yg 1 bulan,sy suntik hri sabtu dan berhubungan dngn suami hr rabu,ap berpeluang bisa hamil ya dok Trimakasih??
261 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi MBSuntik KB itu menggunakan hormon untuk mencegah kehamilan. Ada yang suntik KB 1 bulan yang isisnya hormon estrogen dan progestin serta ada yang suntik KB 3 bulan yang isinya hormon progestin. Hormon-hormon ini menghambat pembentukan sel telur sehingga efeknya adalah tidak haid atau haid yang tidak teratur dalam penggunaannya.

Haid Tidak Teratur Setelah Melepas KB Suntik

Setelah melepas suntik KB masih ada kemungkinan sisa efek dari obat hormon tersebut. Lamanya efek tersebut bertahan dalam tubuh ada yang 6 bulan hingga 1 tahun. Organ reproduksi juga memerlukan proses pemulihan untuk memulai fungsinya secara normal.Bila ibu melanjutkan kembali penggunaan suntik KB, efek obat suntik KB akan efektif bekerja setelah 7 hari penyuntikan. Pada kondisi ibu MB yang melakukan hubungan pada hari ke 5 setelah penyuntikan KB kemungkinan untuk terjadi kehamilan adalah kecil. Walaupun kecil kemungkinan hamil ibu tetap harus mewaspadai bila adanya tanda-tanda kehamilan. Ibu dapat melakukan test pack untuk memastikannya.Haid yang tidak lancar tidak hanya disebabkan alat KB. Terdapat beberapa sebab mengapa haid tidak teratur seperti :
  • stress, kecemasan
  • kelelahan
  • hormon tidak seimbang
  • gangguan organ reproduksi
  • obesitas
  • anemia
  • infeksi
Bila ibu ingin menggunakan alat KB tetapi tidak ingin haidnya terganggu, ibu dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk pemasangan IUD non-hormonal. Selain itu ibu juga bisa memeriksakan kesehatan kandungan atau merencanakan kehamilan. Selain itu lakukan beberapa usaha untuk menjaga kesehatan organ reproduksi seperti menjaga gizi seimbang, berolahraga teratur, menjaga kebersihan organ intim, tidak menggunakan sabun pembersih kewanitaan, serta istirahat yang cukup dan hindari stres.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL
siklus haidkehamilanpenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil