14 Nov 2020, 06:25Kandungan

Belum suntik KB apa bisa hamil?

AM
Info Penanya: AM0
Selamat pagi saya mau tanya dok mengenai kb suntik 1 bulan , saya melakukan suntik kb pada bulan yg lalu dan waktu kembali suntik masih kurang satu hari dan saya melakukan hubungan suami istri bersama suami saya apakah saya bisa hamil jika sebelum masa suntik nya habis Terimakasih.
195 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang AM,Kehamilan terjadi bila Anda berhubungan seksual di masa subur dan tidak sedang menggunakan KB atau kondom. Bila Anda berhubungan seksual sebelum waktunya suntik KB maka tentu saja tidak akan menyebabkan kehamilan karena masih dalam rentang KB yang 1 bulan sekali tadi. Bila Anda melewatkan jadwal suntik KB dan berhubungan seksual barulah ada kemungkinan terjadi kehamilan. Jadi Anda tidak perlu cemas karena tidak mungkin hamil.Pastikan rutin menggunakan suntik KB untuk mendapat manfaat mencegah kehamilan. Namun perlu diingat bahwa KB juga bisa saja mengalami kegagalan dan terjadi kehamilan meski sudah digunakan secara teratur. Tapi angka kegagalan tersebut hanya 1% saja. Sehingga sangat minimal sekali kemungkinan terjadinya kehamilan.

Jalankan pola hidup sehat agar siklus haid Anda tetap teratur meski menggunakan KB dengan cara:

  • Banyak makan sayur dan buah-buahan.
  • Minum air putih yang banyak.
  • Cukup tidur dan jangan bergadang.
  • Rutin olahraga setidaknya 3-4 kali dalam 1 minggu.
  • Hindari stres dan lakukan kegiatan yang menyenangkan.
Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila sekiranya ada gangguan haid selama penggunaan KB suntik tersebut.Salam sehat,dr. Vina
hubungan seksualmenstruasipenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil