KB suntik kapan efektifnya?

EV Info Penanya: EV
Selamat mlm dok sya mau tanya sy kb suntik setelh 40 hri tapi setelah kb belum ada 3 hri sya berhubungn apakah suntik sudah berfungsi dok apa kemungkinan bisa hamil
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi EV,

KB suntik adalah kontrasepsi yang banyak diminati untuk mencegah kehamilan, karena mudah tidak perlu mengingat minum pil setiap hari, dan cukup suntik setiap bulan atau setiap 3 bulan sekali.

KB suntik ini mengandung hormon progestin dan estrogen bila Anda menggunakan KB suntik yang 1 bulan sekali, atau KB suntik 3 bulanan yang mengandung hormon progestin saja. Hormon progestin ini mencegah pelepasan sel telur dan mengentalkan cairan yang ada di mulut rahim sehingga sperma lebih susah masuk dan tidak terjadi pembuahan.

Karena mengandung hormon, maka KB suntik ini maupun KB jenis lain memerlukan waktu rata-rata sekitar 1 minggu untuk mencegah kehamilan karena tubuh tentunya perlu beradaptasi dulu. Berbeda dengan cara kerja obat panas yang bisa langsung menurunkan demam beberapa saat setelah diminum.

Bila dalam waktu 3 hari Anda sudah berhubungan seksual, maka masih mungkin terjadi kehamilan, terlebih bila Anda berhubungan seksual di masa subur Anda. Sebaiknya tetap lakukan tes pack bila bulan berikutnya Anda mengalami keterlambatan haid. Lakukan tes pack bila sudah terlambat haid 1 minggu. Dan bila hasilnya negatif, maka jangan lupa untuk suntik KB sesuai dengan jadwal Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Preeklampsia adalah keracunan kehamilan

Preeklampsia adalah Komplikasi Serius yang Terjadi pada Kehamilan

Preeklampsia adalah keracunan kehamilan serius pada kehamilan. Risiko preeklampsia adalah berusia di atas 35 tahun, kehamilan pertama, dan gangguan ginjal.