Bagaimana kerja KB Suntik?

EP Info Penanya: EP, Wanita, 1 Tahun
Pagi dok,, mau tanya, saya kan KB suntik yg 3 sdh 6th ga pernah haid terus sy ganti KB suntik yg 1 bln bru mulai bulan Juni tp sy terus ga KB di bulan juli nya berhubungan suami kerja diluar Jawa terus Agustus saya suntik lg yg 1bln berhubungan suami mau pulang,,,,klo misal langsung berhubungan badan setelah suntik apakah bisa terjadi kehamilan dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore EP,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

KB Suntik merupakan salah satu alat kontrasepsi yang sering di gunakan di Indonesia. KB Suntik di Indonesia terdiri dari 2 jenis, yaitu KB Suntik 1 bulan dan 3 bulan. Keduanya merupakan KB yang mengandung hormonal.

KB Suntik bekerja dengan menipiskan dinding bagian rahim, sehingga jika ada sperma yang masuk dan bertemu sel telur, janin akan susah menempel pada dinding rahim. Selain itu KB Suntik berfungsi mengentalkan cairan yang berada dalam leher vagina sehingga jika ada sperma berusaha masuk akan susah untuk menembus lendir vagina.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, setelah KB Suntik Anda tidak perlu khawatir takut berhubungan dengan suami Anda, karena tingkat keakuratan yang cukup tinggi. Namun jika Anda khawatir, Anda bisa menggunakan metode alat kontrasepsi tambahan seperti kondom atau senggama terputus agar lebih akurat. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi dokter kandungan.

Selalu jaga kesehatan dengan makan makanan bergizi perbanyak sayur dan buah, konsumsi air putih minimal 2 liter / hari, olahraga teratur seperti jonging, yoga atau lainnya, terapkan hidup sehat hindari rokok dan minuman alkohol.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Umumnya, kebutuhan vitamin ibu hamil lebih tinggi dibanding mereka yang sedang tidak menjalani kehamilan.

Berbagai Vitamin Ibu Hamil, Mulai dari Asam Folat Hingga Kalsium

Vitamin ibu hamil tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Semua harus sesuai takaran dan seimbang.