30 May 2020, 12:33Kandungan

Berhubungan setelah pakai KB suntik, apakah bisa hamil?

NN
Info Penanya: NN, Wanita, 17 Tahun
Siang dok saya mau tanya saya bulan lalu KB suntik 1bulan dengan keadaan haid dapat 3harian nah kata bidan nunggu seminggu baru bisa berhubungan seperti biasa,saya KB dapat 6hari lalu berhubungan kemungkinan hamil berapa persen dok?
24431 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang NN,KB suntik merupakan salah satu metode kontrasepsi yang banyak digunakan karena mudah dan hanya perlu digunakan 1 bulan atau 3 bulan sekali. Pada penggunaan pertama KB suntik, perlu digunakan kontrasepsi tambahan seperti kondom apabila ingin berhubungan seksual pada 7 hari pertama karena pada 7 hari pertama perlu waktu untuk tubuh beradaptasi sampai hormon yang disuntikan memberikan perlindungan dari kehamilan.Jika di hari keenam melakukan hubungan dan tanpa menggunakan pengaman tambahan, kemungkinan hamil mungkin bisa terjadi tetapi tidak bisa dipersentasekan kemungkinannya. Apabila di bulan berikutnya tidak hamil atau timbul hanya flek darah, bisa lakukan pemeriksaan awal kehamilan dengan menggunakan testpack. Jika ternyata tidak hamil, maka lanjutkan penggunaan KB suntik sesuai jadwal.KB suntik sendiri memiliki beberapa efek samping yang perlu diperhatikan seperti:
  • Dapat menimbulkan gangguan siklus menstruasi
  • Menimbulkan perdarahan diluar siklus menstruasi
  • Memicu sakit kepala
  • Memicu nyeri payudara
  • Dapat berpengaruh pada tulang tetapi bisa kembali setelah penggunaannya di hentikan
  • Memerlukan waktu untuk bisa kembali subur setelah lepas KB
Jika timbul efek samping dan merasa tidak nyaman, ada baiknya kembali dikonsultasikan agar bisa mengganti pada metode kontrasepsi yang sesuai. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
hubungan seksualpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil