17 Jan 2021, 23:46Kandungan

Apakah mungkin hamil pada pengguna KB suntik?

AN*
Info Penanya: AN*0
Malam dok, mau bertanya setelah nifas selesai saya kb suntik diawal suntik saya haid seminggu setelahnya tidak hinggga akan suntik kali ketiga, tetapi akhir akhir ini perut sering kerasa kram dok pinggangpun sakit, apa kemungkinan bisa hamil atau karena tidak cocok dengan kb suntiknya dok ???
209 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, SATerima kasih atas pertanyaannya.Suntik KB adalah jenis kontrasepsi yang mengandung hormon sintetik.  Hormon ini yang bekerja dengan mencegah pelepasan sel telur, menghambat sperma untuk masuk serta menghambat perlekatan sel telur yang terlanjut dibuahi pada dinding rahim sehingga tidak terjadi kehamilan.  Selain manfaat itu, KB suntik juga memiliki efek samping yang dapat dialami pada beberapa wanita.

Efek samping penggunaan KB suntik :

  • Menganggu siklus haid.
  • Perdarahan di luar siklus.
  • Sakit kepala.
  • Peningkatan berat badan.
  • Nyeri payudara.
Terkait yang anda tanyakan, tidak haidnya anda bisa terjadi karena efek dari suntik KB sehingga menganggu siklus haid.  Begitupun dengan kram perut dan nyeri perut terkadang dapat disebabkan oleh hormonal yang terganggu akibat pemakaian KB.  Untuk memastikannya, anda dapat lakukan testpack ketika telat haid lebih dari 10 hari untuk menentukkan apakah ada kehamilan.

Penyebab kehamilan pada pengguna KB :

  • Jadwal yang tidak teratur dapat menyebabkan efek kerja KB yang menurun sehingga meningkatkan potensi kehamilan.
  • Berhubungan saat efek kerja KB belum maksimal. Setelah suntik KB, tunda berhubungan atau gunakan kondom untuk 7 hari kedepan.  Karena KB baru bekerja maksimal ketika 5-7 hari setelah suntik.
  • 1% kehamilan dapat terjadi karena tidak ada kontrasepsi yang 100%.
Biasanya ketidakcocokan KB akan menimbulkan keluhan seperti reaksi alergi.  Anda dapat pastikan ini dengan konsultasi dengan bidan atau dokter tempat anda suntik.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil