05 Oct 2020, 13:34Kandungan

Melakukan hubungan seksual setelah suntik KB, apakah hamil?

EA
Info Penanya: EA, Wanita, 1 Tahun
selamat siang dok! Saya mau tanya saya kan habis melahirkan tgl 9 bulan juli lalu terus saya tgl 5 september kemarin kb sama bidan saya, saya disuruh buat kb pil dulu terus nanti kalau sudah haid disuruh kb yg 3 bulan , lha selepas saya haid dapet 3hari saya langsung kb suntik yg 3bln dok pada tgl 01 Oktober kemaren lalu tadi pagi genap 5 hari selepas kb suntik saya berhubungan badan sama suami tapi spermanya dikeluarkan didalam itu kira kira bisa hamil lagi atau tidak ya dok ?? Tolong dijawab
742 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, ETerima kasih atas pertanyaan Anda.Alat kontrasepsi yang kerap kali digunakan oleh masyarakat indonesia diantaranya adalah pil KB dan suntik KB. Suntik KB sendiri memunyai 2 jenis, yaitu suntik KB 3 bulan dan suntik KB 1 bulan. Jika, dilakukan secara rutin dan terjadwal, maka suntik KB ini sangat efektif dalam mencegah kehamilan. Sebaliknya, semakin tidak rutin maka efektifitas dari suntik KB ini berkurang atau peluang untuk terjadinya kehamilan semakin besar.

Kelebihan dari suntik KB di antaranya ya itu:

  • Tidak perlu menggunakan alat kontrasepsi lain, seperti kondom saat akan melakukan hubungan seksual
  • Bertahan 8-13 minggu, tergantung dari jenis suntik KB yang digunakan
  • Tidak bereaksi dengan obat-obatan yang lain
  • Tidak perlu minum pil setiap hari
  • Mengurangi nyeri haid
Selain beberapa kelebihan, terdapat kekurangan dari suntik KB seperti siklus haid menjadi tidak lancar, nyeri kepala, timbulnya jerawat, nafsu makan meningkat, tidak dapat melindungi dari penyakit menular seksual dan lain sebagainya. Terkait dengan pertanyaan Anda, apabila sebelum melakukan suntik KB Anda mengunakan pil KB, kemudian melakukan suntik KB dan selang 5 hari kemudian melakukan hubungan seksual dengan ejakulasi di dalam vagina, maka hanya ada kemungkinan yang sangat kecil atau bahkan tidak terjadi kehamilan.Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk jadwal suntik KB berikutnya. Pastikan Anda teratur dan terjadwal dalam melakukan suntik KB, agar efektifitas dari suntik KB dapat berfungsi secara maksimal dalam mencegah adanya kehamilan. Pastkan Anda tetap mengonsumsi makanan sehat bergizi, atasi stres, dan berolahraga dengan rutin agar badan sehat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A 
hubungan sekssekspenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil