18 Feb 2021, 23:18Perut

KB suntik kenapa keluar flek?

W
Info Penanya: W0
Selamat malam dok,, maaf saya mau tanya Saya KB 3bln suntik ,, dan sejak bulan october saya tidak datang bulan,, sabtu minggu lalu saya datang bulan tapi tidak seperti biasa hanya bercak dan apabila saya buang air kecil saja terlihat agak merah,, hanya saya merasa nyeri di perut bagian bawah,, hingga saat ini mengeluarkan bercak saja bagaimana yaa dok ??
92 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang W,KB suntik banyak digunakan oleh wanita yang ingin menunda kehamilan. Ada 2 jenis KB suntik yakni KB suntik yang 3 bulan sekali atau KB suntik yang 1 bulan sekali berbeda di dalam kandungan hormonnya. Pada KB suntik yang 3 bulan sekali hanya mengandung hormon progestin saja sehingga aman digunakan bagi ibu yang sedang menyusui karena tidak mengurangi produksi ASI.

Beberapa efek samping penggunaan KB:

  • Perubahan siklus haid. Perubahan ini bisa berupa haid yang tidak lancar, tidak haid atau hanya muncul berupa flek-flek saja.
  • Perubahan berat badan menjadi bertambah.
  • Menurunnya napsu seksual.
  • Vagina terasa kering sehingga akan terasa nyeri ketika berhubungan seksual.
  • Wajah menjadi lebih berjerawat.
KB jenis apapun yang Anda gunakan bisa memiliki efek samping seperti di atas. Sehingga bila sekarang Anda mengalami flek-flek maka wajar saja terjadi. Namun keluarnya flek juga bisa akibat kelelahan, perubahan berat badan, polip serviks, dll. Jalankan pola hidup sehat dengan banyak makan sayur, minum air putih yang banyak serta jangan bergadang. Bila Anda merasa ragu atau cemas, lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.Salam sehat,dr. Vina
penggunaan kbgangguan menstruasiflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil