03 Dec 2020, 12:37Kandungan

Cara kerja dan kandungan KB suntik 3 bulan

FR
Info Penanya: FR, Wanita, 27 Tahun
Saya sudah 1thn menggunakan KB suntik 3bln kadang dapet menstruasi kadang tidak . Dan BLN November kemarin hampir 1bln saya dapet menstruasi baru beberapa hari selesai sudah keluar darah lagi kenapa ya dok mohon penjelasannya Masa baru selesai menstruasi hampir 1bln lama nya sudah dapet lagi
263 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo FR saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Gangguan haid sering dialami oleh setiap wanita, terutama wanita usia reproduksi yang berhubungan seksual secara aktif, menggunakan alat kontrasepsi, baik yang mengandung hormon seperti KB suntik dan KB non hormon seperti KB IUD. Tiap KB mempunyai efek samping yang berbeda-beda.

Cara kerja dan kandungan KB suntik 3 bulan

KB suntik 3 bulan ini mengandung hormon progestin yang mirip dengan cara kerja hormon progesteron yang ada di tubuh. Hormon ini dapat mencegah pembuahan (ovulasi) dengan cara mengentalkan cairan yang ada di saluran vagina, tuba falopi sehingga sperma susah untuk bertemu ovum. Hormon progestin ini juga menyebabkan penipisan dinding rahim, sehingga hasil ovulasi susah untuk menempel. KB suntik juga menyebabkan sel telur yang sudah matang sulit untuk dilepaskan.

Efek samping KB suntik 3 bulan

Efek samping KB suntik 3 bulan dapat dialami berbeda-beda tiap wanita, adapun jenisnya antara lain :
  • Perubahan siklus menstruasi. Siklus menstruasi dapat memendek kurang dari 21 hari, dan memanjang lebih dari 35 hari. SIklus menstruasi yang memendek seperti yang Anda alami, dapat membuat durasi atau lamanya haid menjadi lebih panjang. Ini dapat menyebabkan kekurangan darah (anemia)
  • BB yang meningkat
  • Gangguan suasana hati
  • Gairah seksual menurun karena pelumas di vagina juga menjadi sedikit
  • Nyeri kepala
  • Sakit pada payudara
  • Flek kecoklatan
Efek ini dapat berkurang setelah pemberhentian penggunaan KB, namun dapat lama atau sebentar. Anda dapat berkonsultasi ke dokter kandungan jika keluhan menstruasi terus berlanjut, dan menyebabkan tubuh menjadi lemas, pandangan kabur, rasa lelah.Anda juga perlu menambah asupan makanan yang tinggi akan zat besi untuk mencegah anemia, dan vitamin penambah darah.Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
anemiakontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil