04 Feb 2021, 17:37Kandungan

Apakah lepas suntik KB selama 13 tahun bisa hamil kembali ?

RA
Info Penanya: RA0
Selamat mlm dok,saya mau tanya ,saya kb suntik 3 bulan selama 13 tahun,apakah saya bisa langsung hamil setelah kb saya lepas?dan sy tidak perna haid selama 10 tahun,pertama saya suntik kb saya haid trus tidak perna berhenti bahkan setiap hari,tp lama kelamaan sy tdk perna haid lagi sampai skrng?bgaimana menurut dokter apakah itu berbahaya buat sy?
1197 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, R.Saat seseorang ingin mencegah kehamilan, maka harus mempertimbangkan dengan sangat baik alat kontrasepsi apa yang sebaiknya digunakan, apa efek yang terjadi pada tubuh, dan bagaimana tingkat kesuburan, apakah kesuburan akan cepat kembali, sehingga kehamilan berikutnya dapat segera direncanakan. Pemilihan alat kontrapsi yang tepat, akan membantu mencegah kehamilan, dan tidak menganggu rencana kehamilan berikutnya.

Apakah lepas suntik KB selama 13 tahun bisa hamil kembali ?

KB suntik 3 bulan banyak dipilih sebagai alat pencegah kehamilan karena praktis, jangka waktu penyuntikan yang lebih panjang, tidak perlu dikonsumsi setiap hari, gampang pemakaian, dan pengentian KB, serta proses penyuntikan yang cepat dibanding pemakaian implan atau spiral.Namun efek KB suntik 3 bulan yang mengandung hormon progesteron menyebabkan siklus haid wanita menjadi terganggu, bahkan banyak sekali wanita yang tidak kunjung datang bulan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga masa subur yang ada, tidak dapat diprediksi.Rencana untuk hamil kembali di masa datang, menjadi jauh lebih sulit karena kesuburan setelah pengunaan KB suntik 3 bulan juga lambat kembali. Jangka waktu penggunaan KB suntik 3 bulan selama 13 tahun juga bukan waktu yang sebentar, sehingga usia Anda juga bertambah lebih banyak, kesuburan juga akan menurun.Namun Anda tidak perlu merasa khawatir berlebihan. Anda harus menerapkan pola hidup yang teratur, olahraga mulai dari yang ringan secara konsisten, makan makanan mengandung asam folat, vitamin E, dan zat besi, tingkatkan imun tubuh, kelola stress dengan baik dan segera konsultasi ke dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
meningkatkan kesuburanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil