05 Mar 2021, 14:24Kandungan

Tidak melanjutkan KB suntik 3 bulan , apakah hamil?

AP
Info Penanya: AP, Wanita, 24 Tahun
Hallo dokter saya KB yg 3 bulan tgl 8_11_2020 dan tgl 13_12_2020 saya haid dan bulan 1 nya sampai bulan 2 setelah habis suntik KB itu saya tidak kembali suntik LG dan saya baru pertama kali suntik KB dokter. Dan saya berhubungan intim dengan suami saya..apakah itu bisa membuat saya hamil dokter...
141 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang AP,KB suntik 3 bulan adalah metode kontrasepsi dengan menyuntikan kontrasepsi hormonal untuk mencegah kehamilan. Apabila dilakukan penyuntikan pertama kali, maka perlu waktu 7 hari pertama untuk tidak berhubungan seksual dulu agar benar-benar memberikan perlindungan atau bisa berhubungan tapi menggunakan kontrasepsi tambahan seperti kondom.Apabila setelah 3 bulan atau 12 minggu tidak suntik KB kembali, maka kemungkinan untuk hamil bisa terjadi karena tubuh sudah tidak lagi memiliki perlindungan atau kadar hormon yang mencegah kehamilan yang disuntikan telah habis.Untuk itu apabila sudah tidak kb dan berhubungan seksual, perlu dipastikan hamil atau tidak dengan pemeriksaan testpack paling cepat 4-7 hari setelah melakukan hubungan seksual.

Penggunaan kontraspesi secara rutin

Jika nantinya ternyata negatif, dan ingin kembali melanjutkan KB karena masih ingin menunda kehamilan, maka KB perlu digunakan secara rutin agar bisa memberikan perlindungan yang optimal. Anda juga bisa memilih metode kontrasepsi lainnya yang sesuai dengan kebutuhan seperti:
  • Pil KB
  • KB suntik 1 bulan
  • KB implan
  • IUD
Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil