06 Feb 2021, 15:47Kandungan

Apakah berhubungan intim sebelum menstruasi dapat hamil ?

AP
Info Penanya: AP, Wanita0
Hallo dokter saya suntik KB yg 3 bulan bulan 12 saya menstruasi bulan 1 nya tidak sampai bulan 2 nya saya berhenti KB jika berhubungan intim kembali sebelum menstruasi apakah bisa hamil dokter...saya baru pertama x nya KB suntik yg 3 bulan dokter lalu saya berhenti tidak KB LG namun sudah berhubungan intim..?
516 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, A.Saat berubungan intim bersama pasangan membuat rasa cemas akan terjadinya kehamilan, terlebih hubungan intim dilakukan di luar pernikahan atau Anda masih ingin menunda mempunyai keturunan kembali karena anak yang masih terlalu kecil dan masih butuh kasih sayang. Menunda kehamilan juga dilakukan wanita yang belum siap untuk hamil kembali karena rasa sakit yang masih membayangi saat persalinan sebelumnya.

Apakah berhubungan intim sebelum menstruasi dapat hamil ?

Jika Anda sudah lepas KB suntik, dan tidak kembali suntik KB dijadwal suntik seharusnya, melakukan hubungan intim dapat menyebabkan kehamilan, terlebih hubungan intim dilakukan saat Anda mengalami ovulasi atau masa subur. Walau efek suntikan KB masih ada di tubuh Anda, hal ini tidak dapat menutup kemungkinan kehamilan tidak terjadi.Jika Anda tidak datang bulan setelah melakukan hubungan intim, terutama Anda mengalami mual muntah saat pagi hari, perubahan emosi, rasa ingin terus berkemih disertai nyeri perut dan flek kecoklatan, rasa kencang dipayudara, Anda dapat berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan USG di dokter spesialis kandungan.Jika keluhan bukan disebabkan oleh kehamilan, Anda dapat konsultasi dalam memilih alat kontrasepsi yang dapat digunakan agar peluang Anda hamil dapat dicegah. Semoga bermanfaat,Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.   
siklus haidmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil