Lepas KB suntik, kapan bisa hamil lagi?

TA Info Penanya: TA, Wanita, 1 Tahun
hallo dok, seberapa cepat jika ingin hamil kembali setelah lepas kb suntik 3 bulan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, TA.

Suntik 3 bulan mengandung hormon sintetik progesteron, yang menunda kehamilan dengan efek samping berubahnya produksi hormon alami tubuh. Ketika seorang wanita sudah lepas suntik, hormon alami tersebut butuh waktu untuk menyesuaikan ke kondisi normal seperti sebelum suntik. Waktu tersebut bervariasi tiap-tiap wanita, dengan rentang 3 bulan sampai 2 tahun, dan rata-rata dapat normal kembali dalam 6-7 bulan.

Ketika hormon alami tubuh sudah normal kembali, seorang wanita akan mengalami haid secara teratur. Hal ini menandakan bahwa wanita tersebut sudah subur dan siap untuk dibuahi. Apabila terjadi pembuahan, maka kehamilan akan dapat dialami.

Agar hormon tubuh dapat kembali normal dalam waktu yang lebih cepat, lakukan pola hidup sehat, yaitu mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan vitamin, mineral, serta protein. Imbangi dengan minum air putih yang cukup, dan hindari minuman dengan pemanis buatan.

Selain itu, lakukan olahraga rutin 3-4 kali per minggu, minimal 30 menit per sesi. Cukupi kebutuhan tidur 30 menit per hari. Kendalikan tingkat stres dengan baik, misalnya dengan rutin melakukan yoga atau meditasi. Hindari juga rokok serta asapnya, baik oleh pihak wanita maupun pria.

Apabila sudah satu tahun pasca lepas KB, namun tak kunjung mengalami haid atau tak hamil juga, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk mencari tahu penyebab pastinya. Setelah itu, dokter akan dapat memberikan tata laksana berupa saran atau obat-obatan yang tepat dan sesuai. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alpukat mengandung asam folat, potasium, dan juga serat yang baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang program hamil

Kaya Asam Folat, Ini 9 Manfaat Alpukat untuk Program Hamil

Manfaat alpukat untuk program hamil tentu datang dari nutrisi yang dikandungnya. Selain membuat lebih subur, alpukat juga jadi sumber antioksidan penangkal radikal bebas.