Suntik KB 1 kali, kok tidak haid?

RA Info Penanya: RA, Wanita, 45 Tahun
selamat pagi dok, saya mau tanya saya perah suntik kb 3 bulan31 desember sampai24 maret, tp cm 1 x saya suntik dn sekarang tdk kb lg alias tdk suntik lg kenapa ya sampai sekarang kok saya belum haid lg, apakah bermasalah dg rahim saya dok makasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RA.

Banyak alasan mengapa pasangan ingin menunda kehamilan, di antaranya merasa sudah memiliki terlalu banyak anak, mau mengatur jarak umur, atau bahkan belum siap bagi mereka yang baru menikah. Untuk menunda kehamilan, pasangan suami istri melakukan suatu metode yang disebut kontrasepsi, yang memiliki beraneka ragam jenis.

Salah satu jenis kontrasepsi adalah suntik 3 bulan, yang mengandung hormon progestin, yaitu bentuk sintetik progesteron. Hormon progesteron sebetulnya merupakan hormon yang diproduksi alami di tubuh kita pada fase-fase tertentu. Nah, oleh karena mendapat hormon dari luar, produksi hormon oleh tubuh akan berubah, sehingga menimbulkan beberapa efek samping. Salah satu efek samping yang terjadi adalah perubahan siklus haid. Pada kasus Anda, kemungkinan besar saat ini hormon Anda belum kembali seperti normal setelah menggunakan kontrasepsi suntik kemarin.

Oleh karena itu, lakukan cara berikut untuk menyeimbangkan hormon:

  • Mengonsumsi sayur dan buah-buahan
  • Mengonsumsi protein yang cukup
  • Minum air putih yang cukup
  • Rutin berolahraga
  • Tidur teratur dan tidak begadang
  • Mengelola stres dengan baik

Jika Anda tak kunjung haid juga selama tiga bulan, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut, ya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berat badan yang terlalu rendah atau terlalu tinggi memengaruhi kemampuan untuk hamil.

Benarkah Wanita Kurus Susah Hamil? Ini Penjelasannya

Wanita kurus dengan angka indeks massa tubuh hanya 18,5 atau di bawahnya, kemungkinan susah hamil. Hal ini dikarenakan tubuh berhenti memproduksi estrogen.