KB suntik membuat haid berkepanjangan?

NE Info Penanya: NE, Wanita, 28 Tahun
Maaf dok mau tanya, saya baru sekali ini kb suntik 3 bulan, untuk bulan pertama ini kok saya haid sudah 20 hari tidak junjung selesai ya?? Pas bulan puasa juga ini jadi tidak bisa ikut puasa dok,, mohon solusinya dok 🙏 karena kemarin sempet dikasih tau teman untuk minum kalnex udah 3x minum tidak juga mampet, maka saya brenti minum kalnex tersebut takut ada efek sampingnya Terima kasih sebelumnya dok 🙏
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NE, 

Salah satu efek samping dari KB suntik adalah perdarahan atau flek yang keluar dari vagina yang terjadi antara 6 bulan sampai 1 tahun setelah penyuntikan. Sekitar lebih dari 50% perempuan mengalami hal ini. Setelahnya tubuh akan normal kembali.

Beberapa keuntungan dan kelemahan pemakaian KB suntik:

Keuntungan

  • Tidak perlu mengingat untuk makan pil KB setiap hari
  • Aman untuk ibu menyusui
  • Tidak dipengaruhi obat lain
  • Mengurangi haid yang banyak dan nyeri serta gejala-gejala PMS

Kelemahan

  • Masa haid akan berubah dan menjadi tidak teratur, lebih banyak, lebih singat, atau bahkan berhenti
  • Peningkatan berat badan
  • Efek samping seperti sakit kepala, berjerawat, kerontokan rambut, dan perubahan hasrat seksual

Apa yang Anda alami saat ini cukup normal dan tidak perlu mengonsumsi obat apapun. Tubuh sedang menyesuaikan dengan obat dalam KB suntik. Namun jika Anda merasa sangat tidak nyaman, silakan kunjungi dokter kembali untuk membicarakan alternatif kontrasepsi yang cocok untuk Anda.

Semoga informasi yang saya berikan dapat membantu. Salam sehat.

 

dr. Anandika

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)