KB suntik 3 bulan, efek yang bisa ditimbulkan

N Info Penanya: N, Wanita, 2019 Tahun
dokter saya mau bertanya . saya kan sudah 1tahun memakai KB suntik yg 3bulan ,awal pertama pakai sih biasa aja tp lama lama nyampe kesini koq jadi banyak gejalanya .seperti pusing,demam, nyeri payudara, pegel pegel . dan kemarin sempet kerasa kaya panas di betis kaki kanan saya .kira kira penyebabnya apa dokter . Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, N

KB suntik termasuk kedalam KB bentuk hormonal. Selain bentuk suntik, ada yang dalam bentuk pil dan susuk. Tujuannya adalah mengeluarkan hormon yang mencegah dilepasnya sel telur (ovum) ke dalam rahim. Sehingga tidak bisa dibuahi oleh sperma.

Efek samping penggunaan KB hormonal adalah sakit kepala, bertambahnya berat badan, gangguan perut dan termasuk juga gejala PMS seperti payudara bengkak. Penggunaan jangka panjang dapat mempengaruhi kepadatan tulang.

Bila sudah timbul efek samping yang tidak diinginkan. Sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk menentukan metode kontrasepsi yang sesuai untuk anda.

Salam sehat,

dr. Andre Zaini