Pengaruh KB atau hamil?

ND Info Penanya: ND, Wanita, 21 Tahun
Dok,mau tanya saya bulan ini tidak haid tapi saya tetep melakukan suntik rutin&teratur kalaupun terlambat saya biasa haid ditanggal mendekati KB . Biasa KB tgl 13 saya haid 5 hari setelah selesai haid saya langsung KB.Apakah ada kemungkinan terjadi kehamilan dok?? Terima kasih ..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore ND,

Suntik KB adalah salah satu metode kontrasepsi yang seringkali dipilih dibandingkan dengan pil KB, karena suntik KB ini praktis, hanya perlu suntik setiap sebulan sekali atau setiap 3 bulan sekali. Tidak perlu mengingat minum pil KB setiap hari.

Anda harus suntik KB secara rutin, bukan berdasarkan datang tidaknya haid, karena pemakaian suntik KB memiliki efek samping berupa gangguan siklus haid menjadi tidak teratur hingga tidak menstruasi samasekali.

Bila selama ini Anda sudah rutin suntik KB, maka kemungkinan untuk terjadinya kehamilan sangat kecil, meski KB juga memiliki risiko kegagalan sekitar 1-3% dan tetap terjadi kehamilan.

Anda tidak perlu cemas, dan sebaiknya lakukan pemeriksaan tes pack bila sudah 1 minggu terlambat haid. Bila hasilnya negatif maka Anda tidak hamil dan tidak haid hanya pengaruh pemakaian KB.

Jalankan pola hidup sehat agar siklus haid kembali lancar dengan cara:

  • Lakukan olahraga rutin.
  • Jangan stres, cari kegiatan yang menyenangkan.
  • Perbanyak makan sayur hijau.
  • Minum air putih yang banyak.
  • Cukup tidur.

Bila Anda ragu dengan hasil tes packnya, lakukan tes pack ulang dengan jarak 1 minggu kemudian, atau lakukan konsultasi dengan dokter kandungan.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda menopause sebaiknya dikenali sedini mungkin agar bisa diatasi dengan saksama

Kenali Tanda-tanda Menopause agar Bisa Ditangani dengan Cermat

Menopause yang umumnya terjadi pada wanita berusia 50 tahun keatas rupanya juga dapat terjadi pada wanita berusia 40an. Gejala menopause juga sebaiknya tidak dianggap remeh. Pasalnya, jika tidak disikapi dengan benar, beberapa penyakit dapat saja mengintai kaum hawa.