17 Feb 2021, 18:59Kandungan

Keluar bercak darah setelah berhenti KB kenapa?

KK
Info Penanya: KK0
Hallo dok, saya mau tanya Tgl 27 nov 2020 saya kb 1 bulan Lepas itu sya gak pernah di kb lgi Tapi saya sering mengalami flek Bahakan hampir mau 1 bulan dok, kira kira itu kenapa ya ?
1202 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, KTerima kasih atas pertanyaan AndaSiklus haid pada wanita normal adalah 21 hari - 35 hari dengan lamanya durasi haid normal adalah 3 - 7 hari. Perdarahan haid dikatakan normal bila berupa bercak atau sering disebut dengan istilah flek, cair, atau bahkan berupa gumpalan. Ketika darah haid keluar lebih dari 7 hari, dan atau dengan jumlah perdarahan yang lebih dari biasanya kondisi ini disebut dengan menorrhagia.

Beberapa penyebab dari menorrhagia adalah:

Terkait dengan kondisi yang terjadi pada Anda keluar flek yang terjadi pada Anda selama 1 bulan, salah satunya bisa disebabkan oleh keadaan di atas. Selain itu juga bisa terjadi karena penggunaan suntik KB, hal ini dikarenakan suntik KB merupakan alat kontasepsi hormonal. Setalah berhenti dari pemakaian suntik KB, homron tubuh perlu adaptasi untuk kebali normal seperti sebelum menggunakan suntik KB. Tetapi, utuk lebih memastikan penyebabnya segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat di lokasi Anda.Usahakan Anda tetap menjaga kebersihan area organ intim, hindari kelelahan, atasi stres, jaga berat badan tetap ideal, lakukan istirahat cukup, hindari melakukan seks bebas atau gonta ganti pasangan, berolahraga rutin agar tubuh sehat dan kesehatan orga organ reproduksi tetap terjaga.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhaidpenggunaan kbpolip rahimendometriosisgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil