KB suntik 1 bulan, belum menstruasi, apakah saya hamil?

SA Info Penanya: SA
Dok saya kb suntik 1 bulan biasanya halanga tp sdh 1 bulan blm halangan ,saya tespek hasilnya negatif , ada apa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SA

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Keluarga berencana atau sering disebut dengan istilah KB merupakan suatu gerakan dari perintah yang bertujuan untuk membentuk keluarga yang sehat dan sehjahdengan membatasi angka kelahiran. Untuk melancarkan gerakan tersebut, dibantu dengan alat kontrasepsi. 

Adapun beberpa contoh alat kontrasepsi yang sering digunakan adalah:

  • Kondom
  • IUD
  • Pil KB
  • KB suntik (1 bulan/ 3 bulan)
  • KB implan (susuk)

Masing-masing alat kontreasepsi tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan tujuan Anda dengan pasangan. 

Jika anda melakukan suntik KB secara rutin setiap 1 bulan sekali, maka kemungkinan terjaidnya kehamilan juga kecil hanya sekitar 1%. Namun, jika Anda sering telat atau tidak rutin suntik KB maka semakin besar peluang terjadinya kehamilan.

Penyebab terlambatnya menstruasi selain karena kehamilan juga bisa dikarenakan adanya maslah hormonal, efek samping penggunaan alat kontrasepsi hormonal seperti KB suntik, stres, kelelahan, adanya masalah pada organ reproduksi wanita dan lain sebagainya.

Terkait dengan keluhan Anda jika sudah melakukan test kehamilan dan hasilnya negatif, bisa diulang dengan jeda 1 minggu kemudian. Jika Anda ragu, bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan terdekat agar dilakukan pemeriksaan USG kandungan. Pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan bergizi, hindari stres dan kelelahan, istirahat cukup dan lakukan olahraga ringan. 

Smeoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh TL
03 May 2020, 23:35
Jangan di kb
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
04 May 2020, 15:07
Sore TL,
Tidak haid tidak selalu karena kehamilan, jadi apabila sebelumnya sudah pernah KB tidak haid bisa karena efek samping KB. Apabila memang belum menginginkan kehamilan, KB adalah pilihannya. Jadi jangan di KB bukan sebagai solusi ya
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tradisi Tujuh Bulanan dan Perkembangan Janin 30 Minggu

Orangua pasti akan selalu memantau perkembangan anaknya dari masih dalam kandungan sampai sudah dewasa. Saat berada pada tahapan janin 30 minggu, sang buah hati sudah berukuran kurang lebih sebesar kubis atau brokoli.