KB selama 3 tahun dan 3 bulan terakhir menggunakan pil KB. Setelah dihentikan haid jadi tidak teratur?

AA Info Penanya: AA, Wanita
Dok.. mau tanya, saya udh KB kurang lebih 3th dan 3 bulan terakhir saya KB pil (haid lancar dan teratur) setelah itu saya lepas KB dan haid saya tdk lancar dan tdk teratur bahkan sampai 1 bulan lebih dok.. itu knpa ya dok? Apa masih efek KB atau apa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AAC

Terima kasih atas pertanyaannya.

Pil KB termasuk kedalam kontrasepsi jenis hormonal. Jadi pil KB mengandung hormon progesteron dan ada juga yang mengandung kombinasi estrogen dan progesteron. Kedua hormon itu dihasilkan tubuh dan membentuk suatu keseimbangan. Pada saat keluar darah haid atau sedang subur, kadar hormonnya berbeda. Pil KB membantu menjaga kadar hormon tersebut agar tercipta kondisi yang mempersulit terjadinya kehamilan.

Ketika Anda menghentikan minum pil KB maka tubuh Anda perlu beradaptasi kembali karena pasokan hormon dari pil KB sudah tidak ada. Sehingga haid bisa saja belum kembali seperti normal, namun setelah dihentikan Anda sudah bisa langsung hamil kembali. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca di artikel mengenai jenis-jenis pilihan kontrasepsi

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seks tanpa penetrasi tetap memungkinkan seorang wanita untuk hamil

Mengungkap 10 Mitos dan Fakta Mengenai Seks dan Kehamilan

Mitos dan fakta mengenai seks dan kehamilan mungkin masih jadi misteri bagi banyak orang. Tidak semua anggapan yang kerap Anda dengar itu benar. Anda mesti tahu mana yang termasuk mitos dan mana yang benar-benar fakta, supaya bisa terhindar dari kehamilan yang tidak direncanakan.