KB satu bulan apakah hamil?

AT Info Penanya: AT, Wanita, 26 Tahun
Dok saya menggunakan KB yang sebulan... Tp meskipun KB saat berhubungan saya tetap menggunakan kondom untuk pengamanan... Tiap bulannya saya haid jika akan tiba jadwal suntik... Bulan kemarin saya haid tgl 20 tp cuma flek... Habis itu TDK keluar trus tgl 26 keluar lg deras bgt tgl 29 saya jdwl suntik...tp bulan ini saya akan jdwl suntik lg tgl 27 tp blm jg haid...kenapa ya dok... apakah saya hmail
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AT,

Jika suntik KB setiap bulan berarti menandakan siklusnya lancar dan tidak bermasalah. Tetapi jika haid terlambat bisa karena beberapa penyebab. Jika sudah menggunakan KB suntik kemungkinan hamil kecil, jadi bisa karena masalah hormonal, karena gaya hidup, mengalami stres dan lainnya.

KB suntik sendiri merupakan KB hormonal, jadi bisa berpotensi menimbulkan efek samping seperti:

  • Gangguan siklus menstruasi
  • Perdarahan diluar siklus menstruasi
  • Menimbulkan nyeri payudara 
  • Memicu penambahan berat badan
  • Menimbulkan gangguan tulang

Jadi jika merasa khawatir akan hamil bisa coba dilakukan tes kehamilan dengan testpack. Apabila suntik rutin dilakukan perlindungan bisa sudah efektif jadi tidak perlu takut terjadi kehamilan. Jika sudah suntik yang kedua atau ketiga dan tidak terlambat dari jadwal suntik, tidak perlu lagi menggunakan kontrasepsi tambahan seperti penggunaan kondom.

Jika saat ini haid terlambat hingga 3 bulan tidak haid bisa timbul kondisi yang disebut amenorea. Amenorea perlu dipastikan penyebabnya dimana salah satunya karena efek samping penggunaan KB suntik jadi bisa nantinya mengganti metode kontrasepsi dengan metode lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena terkait dengan proses reproduksi

Pentingnya Peran dan Fungsi Endometrium dalam Tubuh Wanita

Tahukah Anda bahwa peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena berkaitan erat dengan proses reproduksi? Baca selengkapnya di sini!