21 Oct 2021, 05:20Kandungan

KB postinor

DQ
Info Penanya: DQ0
Selamat pagi dok.. Saya mau bertanya, saya minum postinor tgl 17 dan tgl 18 saya berhubungan lagi tanpa sengaja kondom lepas disaat suami ejakulasi. Saya ragu dan khawatir terjadi pembuahan. Apakah saya harus minum postinor lagi?
159 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lizsa Oktavyanti
(0)
Selamat siang, DAlat kontrasepsi berfungsi sebagai pencegahan terhadap kehamilan yang tidak diinginkan. Salah satu alat kontrasepsi yang banyak digunakan dimasyarakat adalah postinor. Postinor adalah pil KB darurat yang digunakan paling lambat 72 jam setelah berhubungan intim tanpa pengaman atau berhubungan intim dengan resiko kehamilan. Postinor mengandung levonorgestrel. Postinor bekerja dengan menghambat ovulasi, mencegah sel telur menempel pada dinding rahim dengan merubuah struktur dinding rahim, dan mengentalkan lendir vagina, sehingga mencegah sel sperma bertemu dengan sel telur. Postinor diminum maksimal 72 jam setelah berhubungan intim, dan tablet ke dua diminum 12 jam setelah tablet pertama. Potinor tidak boleh digunakan untuk penggunaan secara rutin. Postinor memiliki efek samping yang cukup banyak, seperti :
  • Mual,
  • Muntah,
  • Sakit kepala,
  • Nyeri perut bagian bawah,
  • Nyeri pada payudara,
  • Siklus menstruasi yang tidak teratur.
Apabila pada tanggal 17 anda minum postinor dan ditanggal 18 anda berhubungan intim dengan suami anda, kemudian kondom terlepas didalam, anda tidak perlu untuk mengulang konsumsi postinor, karena sudah konsumsi 1 hari sebelumnya.Portinor hanya berfungsi untuk menvegah kehamilan. Bila kehamilan sudah terjadi, obat ini tidak bisa digunakan untuk mengugurkan kandungan. Mengingat efek samping obat dan obat ini tidak boleh digunakan sebagai alatakontrasepsi rutin, sebaiknya anda memilih alat kontrasepsi lain, seperti pil KB atau suntik KB, serta kondom. Perhatikan penggunaan kondom, agar tidak terjadi kegagalan, dengan, melihat tanggal kadarluarsa pada kemasan, gunakan sesusai ukurannya, dan menggunakan dengan cara yang baik dan benar.Anda juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan, untuk berkonsultasi tentang alat kontrasepsi apa yang paling tepat anda gunakan.Semoga membantu.Salam sehat,dr. LizsaBaca juga :Apakah postinor bisa menyebabkan flek?Portinor apa efeknya?  
kesehatan kandunganpenggunaan kbmasalah kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil