14 Jul 2020, 23:55Kandungan

KB MOW setelah melahirkan, apakah ditanggung oleh BPJS ?

AN*
Info Penanya: AN*, Wanita, 36 Tahun
dok mau tanya... apakah mau kb mow ... tp setelah melahirkan ... ditqnggung bpjs apa tidak ... itu dulu pas lahiran gk langsung distiril ..(mow) .. karena saya divonis ppcm .. sma dokter jantung ..
17560 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat malam, RPS.KB MOW (Metode Operasi Wanita) atau yang dikenal dengan istilah medis tubektomi merupakan jenis KB steril atau metode kontrasepsi permanen. Metode ini dapat dilakukan baik pada wanita maupun pria (MOP/vasektomi). Pada wanita, prosedurnya dilakukan dengan mengikat tuba falopi atau saluran sel telur sehingga sel telur tidak lagi dapat bertemu dengan sperma dan melakukan pembuahan. Tingkat keberhasilan jenis KB steril terbilang tinggi karena peluang kehamilan sangat kecil. Umumnya KB steril dipilih oleh pasangan yang memutuskan untuk tidak memiliki keturunan lagi ataupun Ibu yang memiliki kondisi medis tertentu dimana dapat sangat berisiko jika hamil kembali.

Adapun kelebihan dari KB steris yang meliputi :

  • KB steril tidak memberikan efek samping seperti KB hormonal 
  • Kemungkinan komplikasi pada prosedur tindakan relatif kecil diantaranya adalah pendarahan atau infeksi
  • Tidak mengganggu siklus haid 
  • Tidak membutuhkan bantuan alat kontrasepsi lain
Mengenai pertanyaan Anda tentang apakah KB steril khususnya MOW ditanggung BPJS, jawababnya adalah ya. Hal ini tertera pada situs resmi BPJS dan juga diatur dalam Peraturan Presiden No. 19 tahun 2016, yang berbunyi Pelayanan keluarga berencana- kontrasepsi termasuk vasektomi dan tubektomi, bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional’.Untuk itu, bagi Anda yang memiliki indikasi kondisi medis tertentu yakni kardiomiopati peripartum (PPCM), dapat segera berkonsultasi pada dokter Kandungan Anda untuk merencanakan tindakan KB steril.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.
 
Salam sehat,
 
dr. Rahmita Dewi
bpjs kesehatanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil