12 Oct 2021, 13:29Kandungan

Apakah memakai kb implan bisa hamil?

FA
Info Penanya: FA0
Dok saya mau tanya saya kan udah lama pakai kb implan sekitar 1tahun lebih... dan saya sekarang kog merasakan mual",pusing apa kemungkinan saya hamil dok
84 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, FTerima kasih atas pertanyaannya. KB implan atau lebih sering disebut KB susuk adalah jenis KB yang memasukkan tabung berisi hormon.  Hormon ini bekerja untuk mencegah kehamilan.  

Yang perlu diketahui dalam penggunaan KB implant :

  • KB implan memiliki kerja selama 3 tahun sehingga segera lepas implan saat sudah memasuki 3 tahun untuk pemasangan ulang jika masih menunda kehamilan. 
  • Efek kerja KB implan 97-99% sehingga ada kemungkinan 1-3% terjadinya kehamilan karena memang belum ada KB yang 100% mencegah kehamilan. 
  • Pahami efek samping KB implant terutama kemungkinan adanya gangguan pada siklus haid.   
  • Adanya penurunan efektivitas KB saat mengkonsumsi obat-obatan untuk sakit kejang atau obat jiwa.  
KB implan yang belum 3 tahun tetap ada kemungkinan hamil namun sangat kecil sekali hanya sekitar 1-3%.  Mual dan pusing bukanlah tanda kehamilan pasti karena keluhan ini juga dapat terjadi saat badan terlalu lelah, daya tahan tubuh menurun, asam lambung yang naik, pola makan tidak terjaga, sering begadang.  Jadi tidak menjadi patokan tanda tersebut tanda kehamilan.  Anda dapat pastikan kehamilan dengan melakukan testpack saat mengalami terlambat haid lebih dari 10 hari dari batas siklus normal haid anda.  Sementara ini banyak minum air putih, kurangi begadang dan kafein, makan porsi sedikit tapi sering, istirahat teratur, dan minum obat parasetamol jika nyeri sekali.  Periksa ke dokter spesialis kandungan Jika testpack menunjukkan hasil positif agar KB implan dapat dilepas.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil