KB implan sejak 2 tahun yang lalu, saat ini mulai nyeri, apa yang harus dilakukan?

EW Info Penanya: EW, Wanita, 24 Tahun
halo dok, saya eka ibu muda umur 24th .. saya pakai kb implan sudah 2th .. tapi akhir-akhir ini sering nyeri di lengan yang ada implannya ..dari bahu kesiku. apakah tandanya implan harus dilepas ? apa implannya lgi bermasalah ? terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, EW

Terimakasih atas pertanyaannya.

KB implan atau susuk adalah suatu benda asing di dalam tubuh. Sehingga dapat mengakibatkan suatu reaksi tubuh atau iritasi. Terbuat dari tembaga dan mengandung hormon untuk mencegah kehamilan. Pada saat ditanam apakah diberitahu untuk berapa lama susuk tersebut digunakan? Bila memang sudah mulai nyeri dan meradang maka sebaiknya dilepas dan diganti dengan yang baru atau menggunakan kontrasepsi metoda lainnya.

Beberapa hal yang bisa anda lakukan dengan mengkompres dingin daerah kulit yang nyeri atau meradang. Kemudian temui dokter agar implannya bisa dilepas. Biasanya masalah nyeri akan segera teratasi setelah benda asingnya keluar. 

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu manfaat kondom adalah untuk mencegah penularan penyakit kelamin

5 Manfaat Kondom bagi Kesehatan Anda dan Pasangan

Kondom sering kali digunakan untuk mencegah kehamilan, selain itu manfaat kondom juga dapat mencegah penularan penyakit kelamin seperti sifilis.