06 Aug 2021, 01:00Kandungan

Sudah suntik KB apa bisa hamil?

YC
Info Penanya: YC0
Dok saya mau tanya saya sudah lepas KB implan tpi sblum dilepas sudah suntik KB 3bulan dan saya berhubungan intim dengan suami apakah bisa hamil dok?
86 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi YC,Banyak pilihan metode kontrasepsi yang bisa dipilih mulai dari pil KB, suntik KB, implan atau IUD. Tentunya KB ini efektif mencegah kehamilan hingga 99% jika digunakan secara teratur.Jadi mengenai pertanyaan Anda bisakah terjadi kehamilan jika sudah pakai KB suntik dulu sebelum implannya dilepas, maka kemungkinan terjadinya kehamilan hanya 1% saja. Karena diartikan Anda memakai KB secara berkelanjutan.

Untuk meningkatkan keberhasilan KB maka:

  • Hindari berhubungan seksual di masa subur.
  • Pakai KB secara teratur, terlepas Anda sedang haid atau tidak. Karena KB perlu dipakai secara rutin sesuai dengan jadwalnya.
  • Jika Anda masih was-was, maka pasangan Anda bisa menggunakan kondom.
Jika sudah menggunakan KB secara teatur maka tidak perlu cemas terjadi kehamilan. Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan jika selama penggunaan KB mengalami keluhan seperti haid tidak lancar atau haid menjadi berkepanjangan, karena hal-hal tersebut bisa saja terjadi sebagai efek samping KB yang Anda gunakan. KB hormonal bisa memberikan efek samping seperti itu dan reaksi pada wanita bisa berbeda-beda.Salam sehat,dr. Vina
kehamilanpenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil