28 Jun 2021, 10:26Kandungan

Terlambat lepas KB implan, bisa hamil?

TI
Info Penanya: TI0
Hallo dok. Say ingin brtanya. Saya psang kb implan th 2018 juni Dan hrus di lepas tgl 9 juni 2021. Tp krn lockdwon sy blm bisa lepas kb. Dan buat hubungan intim tgl 27 juni lupa sperma kluar di dlm. Apakah kemungkinan besar bisa hamil. Sedang sya selesi haid tgl 24 juni. Trimakasih atas jawabannya.
31 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, TTerima kasih atas pertanyaan AndaKB implan adalah salah satu jenis KB hormonal yang cukup banyak digunakan wanita yang sedang berencana menunda kehamilan. Kb imlan ini bisa bertahan 3 tahun pada tubuh. Pemakaian KB implan dalam emncegah kehamilan ini terbilangcukup efektif. Namun, untuk memasang dan melepas KB implan ini perlu dilaakukan kunjungan dokter. Selain itu penggunaan KB imlan juga bisa mempengaruhi siklus haid wanita.

Terlambat melepas KB implan

Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, jika masa penggunaan KB implan sudah berakhir namun Anda belum melepasnya maka KB implan ini tidak lagi bisa berfungsi sebagaimana fuungsinya. Artinya, jika Anda melakukan hubungan seksual tanpa alat kontrasepsi lain maka tetap ada peluang untuk terjadi kehamilan. Oleh sebab itu, alangkah baiknya bila Anda melakukan tes kehamilan apabila siklus haid Anda mengalami keterlambatan pada periode berikutnya.Usahakan tetap konsumsi makanan bergizi, atasi stres, jaga kebersihan organ ntim, lakukan istirahat cukup dan berolahraga ringan agar tubuh tetap sehat. Lakukanlah pemeriksaan dan juga konsultasi dengan dengan dokter spesialis kandungan terdekat.Semoga bermanfaat.

Salam sehat,
 dr. Dwiana A
hubungan sekshamilpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil