22 Dec 2020, 23:09Kandungan

Penggunaan KB implan, mengapa haid tidak teratur?

IA
Info Penanya: IA, Wanita, 25 Tahun
begini dok awal penggunaan kb implant saya itu mengalami pendarahan yg lumayan lama kurang lebih 2 bulan sampe akhirnya saya konsul ke bidan puskesmas dimana saya memasang kb implan tersebut dan di berikan obat pemberhentian keluar darah alhamdulillah setelah minum obat itu saya berenti pendarahan nya dok dan ini bulan terkhir dimana masa kb implant itu mau abis alias bulan januari itu tepat 3 th masa saya pake kb implan dan skrg kurang lebih hampir mau 2 minggu saya mengalami pendarahan lg dok
339 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, ITerima kasih atas pertanyaan AndaKB implan adalah salah satu jenis alat kontrasepsi berbentuk tabung plastik yangdiletakkan pada bawah kulit lengan Anda. KB implan dapat melepaskan hormon progesteron yang salah satu fungsinya dapat menyebabkan ovarium tidak melepaskan sel telur. KB implan ini bisa bertahan hingga 3 tahun.

Walaupun demikian, terdapat beberapa kekurangan dari KB implan seperti:

  • Siklus haid tidak lancar
  • Obat tertentu bisa menyebabkan penggunaan KB implan menjadi tidak efektif
  • Biaya pemasangan yang relatif lebih mahal bila dibandingkan dengan KB jenis lain
  • Memerlukan kunjungan dokter untuk memasang ataupun melepaskan KB implan
  • Tetap berisiko tertular penyakit menular seksual bila bergonta-ganti pasangan seksual
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, karena KB implan merupakan salah satu jenis KB hormonal maka wajar bila siklus haid Anda menjadi tidak lancar. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan pemeriksaan dan konsultasi kepada dokter spesialis kandungan terdekat untuk penggunaan alat kontrasepsi lain yang sesuai dengan kondisi Anda dan pasangan. Selain karena penggunaan KB, kondisi kesehatan tertentu pada organ reproduksi wanita juga bisa menyebabkan adanya perdarahan diluar siklus haid. Tetaplah menjaga kebersihan area kewanitaan, konsumsi makanan sehat bergizi, hindari stres, Lakukan istirahat cukup, rutin berolahraga ringan agar tubuh tetap sehat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhaidpenggunaan kbkontrasepsiflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil