Bila KB dihentikan apa bisa langsung hamil?

UR Info Penanya: UR, Wanita, 24 Tahun
Selamat sore dokter , saya mau tanya ..Saya kb implan dan jadwal lepas tgl 16 agustus kemaren .. saya belum menstruasi , biasanya saya menstruasi akhir bulan . Dan saya sudah melakukan hubungan dengan suami saya 3 hari sesudah jadwal lepas kb .. apakah Bisa hamil ya dok ? Terimakasih ..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi UR,

KB implan adalah salah satu jenis alat kontrasepsi yang digunakan bila Anda ingin menunda kehamilan. Suntik KB, pil KB, implan, IUD adalah jenis-jenis kontrasepsi yang mengandung hormonal, sehingga setelah dilepas tubuh memerlukan waktu untuk kembali subur, tidak serta merta langsung bisa hamil, meski ada juga beberapa wanita yang bisa segera kembali subur. Namun seringkali membutuhkan waktu sekitar beberapa bulan agar siklus haid kembali normal.

Perihal kondisi Anda tentunya masih ada kemungkinan terjadi kehamilan bila Anda berhubungan seksual di masa subur, karena Anda biasanya akan haid di akhir bulan, namun kemungkinannya kecil untuk langsung terjadi kehamilan karena implan baru saja dilepas. Jadi bila akhir Agustus atau awal September Anda tidak haid, maka sebaiknya tetap lakukan tes pack bila sudah 1 minggu terlambat haid.

Namun bila hasilnya negatif, Anda tidak perlu bingung karena terlambat haid bisa akibat faktor stres, kelelahan, kurang istirahat, perubahan berat badan, atau efek samping KB implannya. Banyak makan sayur, buah, minum air putih yang banyak, rutin olahraga, dan jangan stres agar siklus haid Anda kembali normal.

Lakukan pemeriksaan USG ke dokter kandungan bila dalam 3 bulan Anda tidak haid samasekali.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Olahraga tergolong sebagai salah satu cara melancarkan haid secara alami

Secara Alami atau Obat, Ini Cara Melancarkan Haid yang Aman

Ketika menstruasi Anda tersendat, Anda bisa memilih beragam cara melancarkan haid secara alami. Mulai dari olahraga hingga yoga. Anda juga bisa mengonsumsi obat memperlancar haid yang diresepkan oleh dokter bila diperlukan.