Setelah lepas KB implan apakah bisa langsung hamil?

WT Info Penanya: WT, Wanita, 33 Tahun
Dok,,saya mau tanya,,saya pasang KB susuk/Implan,,sesuai jadwal dari pemasangan,seharusnya sdh 1 bulan lalu saya lepas,tapi karena adanya masa covid 19 saya jadi banyak pertimbangan untuk ke RS,setelah satu bulan lalu,saya sdh melakukan hubungan intim 2 - 3 kali,,apakah itu memungkinkan saya sdh bisa hamil ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, WT

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

KB implan merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi hormonal yang sering digunakan. Bentuk dari KB implan ini adalah tabung plastik yang memiliki ukuran sebesar korek api dan di masukkan kedalam jaringan lemak pada lengan bagian atas wanita. Penggunaan dari KB implan ini dapat bertahan selama 3 tahun. Efektivitas dari penggunaan KB implan ini cukup baik yaitu sekitar 99%, dengan angka kehamilan yang sangat kecil yaitu 1 %. Karena merupakan jenis KB hormonal, maka mempunyai salah satu efek samping berupa siklus menstruasi yang tidak teratur.

Untuk terjadinya proses kehamilan selain harus dilakukan ejakulasi di dalam organ kewanitaan yang bertujuan untuk memudahkan sel sperma bertemu dengan sel telur wanita, juga sebaiknya dilakukan pada saat wanita sedang dalam masa subur. Untuk mengetahui masa subur, harus mengetahui siklus menstruasinya terlebih dahulu. Siklus menstruasi pada wanita dapat dikatakan normal pada 21 - 35 hari dengan rata-rata wanita mempunyai siklus 28 hari. Bila, siklus anda adalah 28 hari, kemungkinan masa subur terjadi pada 14 hari sebelum Anda menstruasi.

Terkait dengan pertanyaan Anda, bila Anda mengalami terlambat menstruasi setelah melakukan hubungan seksual, silakan melakukan tes kehamilan. Bila hasilnya negatif atau samar, bsisa diulang dengan jeda 7 hari kemudian. Atau Anda bisa melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan USG

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan segan mendiskusikan penyebab mandul pada wanita dengan pasangan Anda untuk mencari solusinya bersama

Tak Usah Segan Cari Tahu Penyebab Mandul, Lakukan Penanganan yang Tepat

Penyebab mandul pada wanita bisa terjadi karena faktor fisik maupun psikologis. Masalah ini bisa terjadi sementara atau dalam jangka panjang. Jangan segan mendiskusikannya dengan pasangan dan dokter.